Kelas V, Semester 1
No
|
SK
|
KD
|
1
|
Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana
lisan berupa pesan langsung dan cerita tokoh wayang
|
1.1
Mendengarkan pesan.
1.2
Mendengarkan cerita tokoh wayang Werkudara.
|
2
|
Berbicara
Mampu mengungkapkan pandapat dan perasaan untuk
menaggapi permasalahan dan melakukan wawancara sesuai dengan unggah-ungguh
|
2.1 Menyampaikan tanggapan dan saran
2.2 Melakukan wawancara.
|
3
|
Membaca
Mampu membaca dan memahami teks bacaan teknik,
intensif, dan membaca huruf Jawa
|
3.1
Membaca teknik (teks pidato, berita, dialog dsb).
3.2
Membaca kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan panyigeg
wanda.
|
4
|
Menulis
Mampu menulis karangan dalam berbagai ragam
bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis huruf Jawa
|
4.1
Menulis surat pribadi.
4.2
Menulis kalimat berhuruf Jawa menggunakan sandhangan panyigeg wanda.
|
Kelas V, Semester 2
No
|
SK
|
KD
|
1
|
Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan
melalui pembacaan teks cerita rakyat dan tembang macapat
|
1.1
Mendengarkan cerita rakyat
1.2
Mendengarkan tembang Mijil.
|
2
|
Berbicara
Mampu mengungkapkan pendapat dan perasaan secara
lisan, mendeskripsikan benda dan menaanggapi persoalan factual sesuai dengan
unggah-ungguh.
|
2.1
Mendeskripsikan benda di sekitar.
2.2
Menanggapi persoalan factual menggunakan ragam bahasa yang santun.
|
3
|
Membaca
Mampu membaca dan memahami teks cerita anak,
membaca indah dan membaca huruf Jawa
|
3.1
Membaca cerita anak.
3.2
Membaca indah (geguritan)
3.3
Membaca kalimat sederhana berhuruf Jawa yang menggunakan pasangan.
|
4
|
Menulismampu menulis laporan sederhana dalam
ragam bahasa Jawa tertentu dan menulis huruf Jawa
|
4.1
Menulis laporan sederhana hasil pelaksanaan tugas.
4.2 Menulis kalimat sederhana berhuruf Jawa
menggunakan pasangan
|
Kelas VI, Semester 1
No
|
SK
|
KD
|
1
|
Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana
lisan melalui pembacaan teks cerita anak dan cerita wayang.
|
1.1
Mendengarkan cerita anak.
1.2
Mendengarkan cerita tokoh wayang Arjuna.
|
2
|
Berbicara
Mampu menggunakan pendapat dan perasaan secara
lisan tentang hasil pengamatan dengan ragam bahasa tertentu
|
2.1 Melaporkan hasil pengamatan.
2.2 Menanggapai hasil pengamatan.
|
3
|
Membaca
Mampu membaca dan memahami teks nonsastra,
membaca huruf Jawa, dan mengapresiasikan tembang macapat.
|
3.1 Membaca pemahaman teks nonsastra.
3.2 Membaca kalimat berhuruf Jawa yang
menggunakan pasangan.
3.3 Membaca tembang Pangkur.
|
4
|
Menulis
Mampu menulis karangan dalam ragam bahasa
tertentu dan menulis huruf Jawa.
|
4.1 Menulis karangan.
4.2 Menulis kalimat berhuru f Jawa menggunakan
pasangan.
|
Kelas VI, Semester 2
No
|
SK
|
KD
|
1
|
Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana
lisan melalui pembacaan teks pidato dan cerita wayang.
|
1.1
Mendengarkan pembacaan teks pidato.
1.2
Mendengarkan cerita tokoh wayang Nakula dan
Sadewa
|
2
|
Berbicara
Mampu mengungkapkan pendapat dan perasaan secara
lisan tentang pidato dan mengapresiasi tembang macapat.
|
2.1
Menceritakan isi pidato sesuai unggah-ungguh.
2.2 Berpidato
2.3 Mengapresiasikan tembang Kinanthi.
|
3
|
Membaca
Mampu membaca dan memahami teks pidato dan
membaca huruf Jawa.
|
3.1
Membaca teks pidato.
3.2 Membaca kalimat berhuruf Jawa
|
4
|
Menulis
Mampu menulis karangan dalam berbagai bentuk dan
menulis huruf Jawa
|
4.1 Menulis karangan (paraphrase, dialog, narasi,
dsb)
4.2 Menils kalimat berhuruf Jawa
|
SKL Bahasa Jawa
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan yang didengar baik teks sastra maupun
nonsastra dalam berbagai ragam bahasa berupa cerita teman, teks karangan,
pidato, pesan, cerita rakyat, cerita anak, geguritan, tembang macapat, dan
cerita wayang.
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran,
perasaan, baik sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam bahasa
berupa menceritakan berbagai keperluan, mengungkapkan keinginan, menceritakan
tokoh wayang, mendeskripsikan benda, menanggapi persoalam factual/ pengamatan,
melaporkan hasil pengamatan, berpidato, dan mengapresiasikan tembang.
3.
Membaca
Menggunakan berbagai keterampilan membaca untuk memahami
teks sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa berupa teks bacaan,
pidato, cerita rakyat, percakapan, geguritan, cerita anak, cerita wayang, dan
huruf Jawa
4.
Menulis
Melakukan berbagai keterampilan menulis baik sastra maupun
nonsastra dalam berbagai ragam bahasa untuk mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi berupa karangan sederhana, surat, dialog, laporan, ringkasan,
paraphrase, geguritan, dan huruf Jawa.
0 Komentar