Terbaru

6/recent/ticker-posts

PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGHITUNG KELILING DAN LUAS LINGKARAN SISWA KELAS VI SD

Berkaitan dengan keterampilan berhitung tidak akan lepas dengan pembelajaran matematika namun sangat disayangkan sebagian besar siswa tidak berminat pada matematika. Mereka menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Hal ini dapat disebabkan karena keterampilan berhitung siswa kurang. Peran pendidik juga menentukan minat siswa terhadap matematika. Pada umumnya  pendidik dalam pembelajaran matematika sasaran utamanya adalah target pencapaian materi pembelajaran dan kurang memperhatikan pada proses. Materi-materi dan keterampilan-keterampilan baru terus-menerus ditambahkan, tetapi konsep-konsep matematika kurang dikaitkan dan kurang diintegrasikan.
Seharusnya pembelajaran bermakna dapat diberikan untuk mengawali kegiatan belajar dan selanjutnya latihan diberikan. Pembelajaran bermakna akan membuat materi pembelajaran menjadi menarik, bermanfaat dan menantang sehingga menimbulkan minat siswa untuk senang terhadap matematika sedangkan latihan akan membuat siswa terbiasa terhadap penerapan konsep sehingga konsep akan dipahami dan tertanam dengan baik dalam pikiran siswa.
Pembelajaran yang efektif ditandai dengan keberhasilan anak dalam belajar. Salah satu prinsipnya adalah siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran matematika sebagaimana pepatah Cina yang menyatakan bahwa”Saya mendengar dan saya lupa; saya melihat dan saya ingat; serta saya mencoba dan saya mengerti” (Suryadi, 2007;166). Untuk menciptakan pembelajaran ini tak lepas dari media yang kita gunakan. Maka selain metode media sangat penting dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif.
Berdasrkan pengalaman mengajar peneliti merasa masih ada kekurangan dalam pembelajaran matematika dengan kompetensi dasar menghitung keliling dan luas lingkaran. Kekurangan dalam pembelajaran matematika ini terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa  di bawah rata-rata KKM Matematika 60.
Penyebab rendahnya hasil belajar siswa bukan hanya berasal dari kegiatan pembelajaran di kelas, lingkungan masyarakat sekitar dan lingkungan keluarga siswa juga ikut berperan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Perhatian orang tua siswa terhadap belajar anaknya di tempat penulis mengajar sangat kurang. Orang tua siswa rata-rata bekerja sebagai buruh pabrik sehingga bekerja sebelum anaknya berangkat sekolah. Keadaan ini menyebabkan pada saat berangkat sekolah siswa tidak ada yang memperhatikan kebutuhannya. Sehingga motivasi belajar kurang. Belum lagi pada malam hari siswa tidak dibiasakan untuk dibantu dalam belajar. Sehingga pada saat sekolah banyak siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya.
4- jurnal giyanto mat kls 6

Posting Komentar

0 Komentar