Dari pengertian–pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah setiap upaya yang sistematis dan sengaja yang dilakukan oleh pendidik untuk menciptakan kondisi agar peserta didik dapat melakukan belajar
Secara universal, Bahasa adalah suatu bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya ujaran. Bahasa merupakaan alat bantu komunikasi antara anggota masyarakat berupa lambang bunyi ujaran yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa yang digunakan sebagai alat komunkasi antara anggota masyarakat terbagi atas 2 unsur utama yakni bentuk dan makna (isi).
Pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan maupun tulis. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, diperlukan keterampilan guru dalam menentukan dan memilih metode yang tepat yang sesuai dengan karakterisitik serta kebutuhan perkembangan peserta didik.
Pengajaran bahasa indonesia yang dilaksanakan dengan baik dapat memberikan banyak manfaat pendidikan yang luar biasa. Beberapa manfaat tersebut antara lain: 1) Manfaat akademis, Pengajaran bahasa indonesia yang baik dpat menjadikan siswa mahir berbahasa Indonesia. Karena, bahasa indonesia merupakan bahasa pengantar semua mata pelajaran. Siswa yang mahir berbahasa indonesia akan lebih mudah dan lebih cepat dalam belajar. 2) Manfaat Sosial, Pengajaran bahasa Indonesia yang baik dapat menjadikan siswanya gemar membaca. Sehingga mereka dapat menemukan kesenangan atau rekreasi dari bacaan tersebut.
Mengingat pentingnya serta banyak manfaat yang diambil dari pembelajaran bahasa indonesia, maka perlu dikembangkan pengajaran bahasa Indonesia yang salah satunya pemilihan metode serta alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan bahasa indonesia khususnya kelas rendah (Kelas I). Mengingat kelas I merupakan awal mula pendidikan formal yang akan menentukan keberhasilan pendidikan pada tingkatan selanjutnya.
Secara universal, Bahasa adalah suatu bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya ujaran. Bahasa merupakaan alat bantu komunikasi antara anggota masyarakat berupa lambang bunyi ujaran yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa yang digunakan sebagai alat komunkasi antara anggota masyarakat terbagi atas 2 unsur utama yakni bentuk dan makna (isi).
Pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan maupun tulis. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, diperlukan keterampilan guru dalam menentukan dan memilih metode yang tepat yang sesuai dengan karakterisitik serta kebutuhan perkembangan peserta didik.
Pengajaran bahasa indonesia yang dilaksanakan dengan baik dapat memberikan banyak manfaat pendidikan yang luar biasa. Beberapa manfaat tersebut antara lain: 1) Manfaat akademis, Pengajaran bahasa indonesia yang baik dpat menjadikan siswa mahir berbahasa Indonesia. Karena, bahasa indonesia merupakan bahasa pengantar semua mata pelajaran. Siswa yang mahir berbahasa indonesia akan lebih mudah dan lebih cepat dalam belajar. 2) Manfaat Sosial, Pengajaran bahasa Indonesia yang baik dapat menjadikan siswanya gemar membaca. Sehingga mereka dapat menemukan kesenangan atau rekreasi dari bacaan tersebut.
Mengingat pentingnya serta banyak manfaat yang diambil dari pembelajaran bahasa indonesia, maka perlu dikembangkan pengajaran bahasa Indonesia yang salah satunya pemilihan metode serta alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan bahasa indonesia khususnya kelas rendah (Kelas I). Mengingat kelas I merupakan awal mula pendidikan formal yang akan menentukan keberhasilan pendidikan pada tingkatan selanjutnya.
0 Komentar