Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP KURIKULUM 2013 SD KELAS V: PeristiwaDalamKehidupan/ Macam-macamperistiwadalamkehidupan/ 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan    : SD
Kelas/ Semester    : V/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB    : PeristiwaDalamKehidupan/  Macam-macamperistiwadalamkehidupan/ 2
AlokasiWaktu        : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)

A.    KompetensiInti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, danmenghargaiajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, guru, dantetangganyasertacintatanah air.
3.    Memahamipengetahuanfaktualdankonseptualdengancaramengamati, menanyadanmencobaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dantempatbermain.
4.    Menyajikanpengetahuanfaktualdankonseptualdalambahasa yang jelas, sistematis, logis, dankritis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.

B.    KompetensiDasardanIndikator
SBdP
KD
3.1 Mengenalprinsipsenidalamberkaryasenirupa
4.1 Menggambarilustrasidenganmenerapkanproporsidankomposisi
Indikator
3.1.1 Menyebutkanprinsip-prinsipsenidalamberkaryasenirupa
4.1.1 Menggambarilustrasitentangmanfaat air

PJOK
KD
3.1 Memahamikonsepvariasidankombinasipolagerakdasardalamberbagaipermainandanatau
Olahragatradisional bola besar
4.1 Mempraktikkanvariasidankombinasipolagerakdasar yang dilandasikonsepgerakdalamberbagai
permainandanatauolahragatradisional bola besar.

Indikator
3.1.1Memahamicaratangkap boladengankontrol yang baik(sepak bola dan bola basket)
4.1.1. Lempartangkap bola dengankontrol yang baik (sepak bola dan bola basket).
IPA
KD
3.6 Mendeskripsikansiklus air dandampaknyapadaperistiwa di bumisertakelangsunganmakhlukhidup
4.7 Menyajikanhasillaporantentangpermasalahanakibatterganggunyakeseimbanganalamakibatulahmanusia, sertamemprediksiapa yang akanterjadijikapermasalahantersebuttidakdiatasi.
Indikator
3.6.1. Menjelaskanpentingnya air bagikelangsunganhidupmanusiadanperistiwa di bumi
4.7.1  Menyampaikantekspenjelasantentangpentingnya air
BAHASA INDONESIA
KD
3.2 Menguraikanisitekspenjelasantentang proses daur air, rangkaianlistrik, sifat magnet, anggotatubuh (manusia, hewan, tumbuhan) danfungsinya, sertasistempernapasandenganbantuan guru dantemandalambahasa Indonesia lisandantulisdenganmemilihdanmemilahkosakatabaku
4.1 Mengamati, mengolah, danmenyajikantekslaporanbukutentangmakanandanrantaimakanan, kesehatanmanusia, keseimbanganekosistem, sertaalamdanpengaruhkegiatanmanusiasecaramandiridalambahasa Indonesia lisandantulisdenganmemilihdanmemilahkosakatabaku
Indikator
3.2.1 Menggambarkanpentingnyaperan air dalamkehidupanmanusiamelaluisebuahcerita
4.1.1 Menjelaskansecaralisantentangpentingnya air bagikehidupanmanusia
C.    TujuanPembelajaran.
1.    Denganmenggaliinformasidariteksbacaan, pesertadidikdapatmengetahui caracara menangkap bola basket dengantertib
2.    Denganbermain “TangkapCeritaku”, pesertadidikdapatmenunjukkancaramenangkap bola basket dengankontrol yang tepatsecarapercayadiri
3.    Denganmengamatiteksbacaan, pesertadidikdapatmenemukankosa kata barudenganteliti
4.    Denganmenemukankosa kata baru, pesertadidikdapatmenjelaskanisibacaantentangperanan air dalamkehidupandenganpercayadiri.
5.    Denganmenjelaskanisibacaan, pesertadidikdapatmempresentasikanmanfaatdanperan air bagikehidupanbersamakelompoknyadenganpercayadiri
6.    Denganmembuatproyek “Jejak Air” pesertadidikdapatmenjelaskanpentingnya airbagikelangsunganhiduphidupmanusiasecaramandiri
7.    Denganmembuatproyek “Jejak Air”, pesertadidikdapatmenyajikanpenjelasantentangpentingnya air secaramandiri
8.    Denganmembuatproyek “Jejak Air”, pesertadidikdapatmenggambarilustrasitentangmanfaat air dalamkehidupan, dapatmemahamitentangproporsidankomposisi secaracermat
D.    MateriPembelajaran
1.    Lempartangkap bola
2.    Prinsip-prinsipsenirupa
3.    Pentingnya air dalamkehidupan
4.           Kosa kata baru

E.    MetodePembelajaran
1.    Metode :diskusi, tanyajawab
2.    Pendekatan :saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalardanmengkomunikasikan]

F.    Media, AlatdanSumberPembelajaran
1.    Media         : Gambarsistempengairan di sawah
2.    Alat        :  Bola, kamusBahasa Indonesia
3.    Sumberbelajar    :
Maryanto, dkk. 2014. BukuSiswaKelas V Tema II “PeristiwaDalamKehidupan”. BukuTematikTerpaduKurikulum 2013. Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan.

G.    Langkah-langkahPembelajaran
Pendahuluan    1.    Siswaberdoabersamadipimpinolehsalahsatusiswa
2.    Guru membukapelajarandenganmenyapapesertadidikdanmenanyakankabarmereka.
3.    Guru melakukanapersepsisebagaiawalkomunikasi guru sebelummelaksanakanpembelajaraninti.
4.    Guru memberimotivasikepadapesertadidik agar semangatdalammengikutipembelajaran yang akandilaksanakan.
5.    Pesertadidikmendengarkanpenjelasandari guru  kegiatan yang akandilakukanhariinidanapatujuan yang akandicapaidarikegiatantersebutdenganbahasa yang sederhanadandapatdipahami    10 menit
KegiatanInti    1.    Mulaikegiatan PJOK siswamelakukankegiatanpemanasan
2.    Pesertadidikberdiriberkeliling, danmenangkap bolabasket dengankontrol yang tepat
3.    Pesertadidikberlatihmenangkap bola secarabergantian
4.    Pesertadidikmengamatigambarsistempengairan di sawahsecararinci


5.    Guru membimbingpesertadidikuntukmengamatibagian-bagiandarigambarsepertipadi yangmenguning, parit-parit air, pintu-pintu air dll
6.    Guru menstimulus rasa ingintahupesertadidikdenganmemberikanpertanyaan-pertanyaan
7.    Pesertadidikmenuliskanpertanyaan-pertanyaanatauhal-hal yang inginmerekaketahuiberdasarkangambar yang merekaamatisebelumnya.(Menanya)
8.    Siswamenuliskanpertanyaan-pertanyaantersebut di “Kartu Tanya” yangmerekabuatsendiriataudibuku

9.    Siswamenemukandanmenuliskankosa kata barudanmencariartinya

10.    Siswamembentukkelompokkerja
11.    Guru memberikaninstruksikerjakelompokmendiskusikanpertanyaan yang dibuat
12.    Siswamengolahinformasidenganmenggunakanpertanyaan yang dibuat
13.    Siswamenyiapkangambarilustrasi

14.    Siswamengidentifikasikegiatan yang membutuhkan air daripagihinggamalamhari
15.    Siswamemetakankegiatandalam format proyek “Jejak Air”
16.    Guru membimbingpemahamansiswatentangmanfaat air dalamkehidupandanmenggambarilustrasidalammenyelesaikanproyek
17.    Siswamempresentasikanhasilkarya “Jejak Air”    
Penutup    1.    Pesertadidikbarsama-sama guru membuatrangkuman/ simpulandarikegiatanpembelajaran.
2.    Pesertadidikmelakukanperenungankegiatanpembelajaran.
3.    Guru memintasalahseorangsiswauntukmemimpindoa.    10 menit

A.    Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap:
-    Kecermatan dan ketelitian dalam kegiatan menggaliinformasidalamteksdanmengamati gambar.
-    Kemandirian dan kecermatan dalam membuat peta pikirandanmembuatlaporan.
-    Percayadiri dalam melakukan kegiatanpresentasi
b.    Penilaian Pengetahuan :
-    Tes Harian
-    Penugasan
-    Teslisan
c.    Penilaian Keterampilan :
-    Penugasan
2.    BentukInstrumenPenilaian






............., .............2014
Kepala Sekolah                                    Guru Kelas V




.................................                                ...................................

Posting Komentar

0 Komentar