Terbaru

6/recent/ticker-posts

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013 Kelas / Semester : 1 /1 Tema : Keluargaku (Tema 4) Sub Tema : Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan     :  SDN Manis Manja
Kelas / Semester     :  1 /1
                     Tema                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                :   Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke       :  6
Alokasi waktu          :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK
     4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti  konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

PPKn
     3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah

Matematika
     4.8. Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau  pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
     Menyampaikan pendapat secara lisan dan mandiri
PJOK
     Mempraktikkan gerak lokomotor berlari dan melompat

PPKn
     Membuat contoh perilaku patuh pada tata tertib permainan

Matematika
     Mencari pasangan bilangan dengan jumlah tertentu

D.    TUJUAN
      1. Bermain Mencari Pasangan Angka
      Tujuan pembelajaran:
       Siswa dapat menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu melalui kegiatan
      permainan.
       Setelah mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat melakukan gerak lokomotor   berlari dan melompat dengan benar.

      2. Berdiskusi Mengenai Patuh dan Tertib agar Dapat Meraih Cita-Cita
      Tujuan pembelajaran:
      Setelah mengikuti permainan, siswa dapat membuat contoh perilaku patuh
       pada tata tertib permainan minimal tiga.
      Setelah mengikuti permainan, siswa dapat menyampaikan pendapatnya secara
      lisan dan mandiri tentang permainan tersebut dengan lancar.

E.    MATERI
1.    Bermain Mencari Pasangan Angka
2.    Berdiskusi Mengenai Patuh dan Tertib agar Dapat Meraih Cita-Cita

F.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan     : Scientific
      Strategi        : Cooperative Learning
      Teknik        : Example Non Example
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan    Deskripsi Kegiatan    Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.        10
    menit
Kegiatan
Inti    Bermain Mencari Pasangan Angka
1. Siswa dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar dengan nama “Sahabat” dan “Karib”.
2. Setiap kelompok dibagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil, dimana setiap kelompok paling banyak berisi 10 orang.
3. Setiap siswa dalam kelompok kecil diberi nomor dada 1 sampai 10.
4. Kelompok “Sahabat” diminta berdiri di sebelah kiri dan kelompok “Karib” berdiri di sebelah kanan.
5. Buat jarak antar kelompok sepanjang 4 meter (sesuaikan dengan lapangan yang akan digunakan) dan guru berdiri di antara
kedua kelompok.
6. Guru mengangkat sebuah kartu bilangan (misalnya 14).
7. Setiap anggota kelompok “Sahabat” dan “Karib” berlari untuk saling mencari dengan menjumlahkan nomor dadanya hingga berjumlah 14. (Misalnya siswa bernomor 7 dapat berpasangan dengan nomor 7).
8. Siswa yang sudah menemukan pasangannya, dapat menemui guru untuk mendapatkan poin (poin dapat berupa bintang yang
ditempel atau stempel bintang).
9. Setelah mendapatkan poin, siswa dapat kembali ke tempat semula dengan cara melompat.
10. Jika siswa tidak berlari saat mencari pasangan dan tidak melompat saat kembali ke tempat semula, maka tidak mendapat poin.
11. Lakukan permainan secara berulang dengan menunjukkan kartu bilangan yang berbeda.
12. Poin dihitung pada akhir permainan dan siswa yang mendapatkan poin tertinggi mendapatkan apresiasi dari seluruh siswa lainnya.
13. Siswa diminta mengerjakan latihan soal di buku siswa.

Berdiskusi Mengenai Patuh dan Tertib agar Dapat Meraih Cita-Cita
1. Siswa menyimak cerita tentang salah satu anggota keluarga di rumahnya yang memiliki kegemaran sepak bola dan ingin menjadi pemain bola profesional.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan, adakah anggota keluarga di rumah yang memiliki kegemaran yang sama?
3. Siswa berdiskusi mengenai cara-cara menjadi pemain bola profesional.
4. Guru membimbing jalannya diskusi dan menambahkan bahwa makan teratur, merawat kebugaran tubuh, dan berlatih secara teratur serta mematuhi instruksi si pelatih merupakan cara-cara menjadi pemain bola profesional.
5. Jika ingin berhasil, maka kita semua harus patuh dan melaksanakan semua peraturan, termasuk cara-cara mempersiapkan diri menjadi pemain bola profesional.
6. Siswa berdiskusi mengenai peraturan yang terdapat pada permainan sebelumnya.
7. Siswa diminta menjawab, bagaimana perasaan siswa saat harus mengikuti sebuah peraturan?
8. Siswa berlatih menyampaikan pendapat dan perasaannya pada saat harus mengikuti sebuah peraturan.
9. Sampaikan pada siswa mengenai pentingnya mematuhi sebuah peraturan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.        150
    menit
       
Kegiatan
Penutup    Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Orang tua membantu siswa berlatih menemukan bilangan sebagai jumlah dari dua buah bilangan.
Remedial:
1. Semua siswa peserta remedial dikumpulkan berdasarkan materi yang akan diremedialkan.
2. Untuk remedial soal cerita penjumlahan dan pengurangan, siswa diberi soal latihan dan diberi penjelasan terlebih dahulu.
3. Untuk remedial latihan menulis, siswa dibantu berlatih menulis menggunakan buku bergaris enam dan mengulang cara penulisan alfabet.        15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
•    Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
•    Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
•    Buku Pengembangan Diri Anak.
•    Sumber Motivasi
•    Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Anggota Keluargaku.
Kartu angka 1–10 sebanyak empat set.

I.    PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
a.    Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses
1)    Penilaian Kinerja.
2)    Penilaian Produk.
b.    Penilaian Hasil Belajar
•    Pilihan ganda.
•    Isian singkat.
•    Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,




Posting Komentar

0 Komentar