Terbaru

6/recent/ticker-posts

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013 Kelas / Semester : 1 /1 Tema : Keluargaku (Tema 4) Sub Tema : Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan     :  SDN Manis Manja
Kelas / Semester     :  1 /1
                     Tema                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                :   Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke       :  5
Alokasi waktu          :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
      3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
      atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata  bahasa daerah untuk membantu pemahaman

Matematika
      3.11.Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
     Menyebutkan kedudukan dirinya dalam keluarga (anak, cucu, kakak, atau adik)
     Menulis kosakata tentang anggota keluarga

Matematika
     Membandingkan tinggi badan anggota keluarga

D.    TUJUAN
1. Bercerita tentang Anggota Keluarga
Tujuan pembelajaran:
Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kedudukan dirinya dalam keluarga.
Setelah bercerita, siswa dapat menuliskan kosakata tentang anggota keluarga dengan benar.

     2. Membandingkan Tinggi Badan Keluarga
     Tujuan pembelajaran:
     Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan urutan tinggi badan anggota
keluarga.

E.    MATERI
1. Bercerita tentang Anggota Keluarga
     2. Membandingkan Tinggi Badan Keluarga

F.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan     : Scientific
      Strategi        : Cooperative Learning
      Teknik        : Example Non Example
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan    Deskripsi Kegiatan    Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.        10
    menit
Kegiatan
Inti    Bercerita tentang Anggota Keluarga
1. Siswa diminta mempersiapkan foto keluarga yang telah dibuat pada pembelajaran 1.
2. Siswa menceritakan nama dan pekerjaan setiap anggota keluarga.
3. Siswa dapat juga menceritakan kesukaan setiap anggota keluarga.
4. Siswa diperkenalkan dengan kosakata yang berkaitan dengan keluarga seperti ayah, ibu, kakak, dan adik menggunakan kartu
kosakata.
5. Siswa diajak bermain “Siapa Nama-nya?”
6. Ketika guru menunjukkan misalnya kartu ayah, maka siswa yang ditunjuk diminta membaca kata yang tertera dan menyebutkan nama ayahnya.
7. Lakukan bergantian menggunakan kartu kata yang lainnya sampai seluruh siswa mendapatkan giliran.
8. Siswa diminta mewarnai gambar di halaman buku siswa.
9. Siswa berlatih menuliskan kosakata ayah, ibu, kakak, dan adik pada buku siswa.

Membandingkan Tinggi Badan Keluarga
1. Dua orang siswa maju ke depan kelas dan teman lainnya diminta untuk membandingkan tinggi badan kedua teman yang berdiri di depan kelas.
2. Siswa dibimbing dalam penggunaan kalimat matematika dalam membandingkan tinggi badan, misalnya Dayu lebih tinggi dari Lani dan
Lani lebih pendek dari Dayu.
3. Lakukan simulasi berikutnya dengan membandingkan tiga sampai empat orang.
4. Minta siswa secara berkelompok berlatih membandingkan tinggi dan pendek suatu benda menggunakan benda-benda yang telah disiapkan oleh guru.
5. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok (sesuaikan dengan jumlah siswa yang berada di dalam kelas).
6. Siswa bekerja sama dengan teman kelompoknya untuk membandingkan tinggi benda.
7. Siswa berlatih membandingkan tinggi anggota keluarga berdasarkan gambar yang ada pada buku siswa.
8. Siswa menuliskan anggota keluarga yang paling tinggi dan paling pendek.        150
    menit
       
Kegiatan
Penutup    Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan Bersama Orang Tua:
Mengunjungi rumah tetangga bersama orang tua untuk melihat anggota keluarga yang terdapat di rumah tersebut.        15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
•    Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
•    Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
•    Buku Pengembangan Diri Anak.
•    Sumber Motivasi


•    Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Anggota Keluargaku.
•    Benda-benda dengan tinggi bervariasi, misalnya
•    botol, celengan berbentuk tabung, toples, dan
•    vas bunga.

I.    PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
a.    Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses
1)    Penilaian Kinerja.
2)    Penilaian Produk.
b.    Penilaian Hasil Belajar
•    Pilihan ganda.
•    Isian singkat.
•    Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



Posting Komentar

0 Komentar