Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP KELAS V SD KURIKULUM 2013 Tema/ Subtema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan/ Tubuh Manusia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SD
Kelas/ Semester    : V/ 1(Satu)
Tema/ Subtema    : Organ Tubuh Manusia dan Hewan/ Tubuh Manusia
Alokasi Waktu        : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Matematika
Kompetensi Dasar:
3.6 Menentukanhubunganantarsatuankuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri,membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator
3.6.1      Menentukan kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).
3.6.2     Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan atau pemecahan soal.
4.13.1    Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarsatuan kuantitas.
4.13.2   Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarsatuan kuantitas.

IPS
Kompetensi Dasar:
3.1   Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar     ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam  kehidupansosial,ekonomi,pendidikan danbudaya dalam lingkup nasional.
4.1   Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam   ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial,ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
Indikator:
3.1.1   Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup
nasional.
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan
manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupansosial,ekonomi,pendidikandanbudaya dalam lingkup nasional.

  

PPKn
Kompetensi Dasar:
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.

Indikator:
3.6.1   Memahami  karakteristik  manusia  sebagai  makhluk individu dan makhluk sosial.
4.6.1   Membuat perbandingan tentang karakteristik manusia  sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam bentuk tabel.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.2    Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,   anggota tubuh(manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2  Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,  anggota tubuh(manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator:
3.2.1  Memahami    rangkaian  teks  mengenai  aktivitas kehidupan manusia
•4.2.1 Melakukan diskusikan secara berkelompok mengenai aktivitas kehidupan manusia.
   4.2.2 Membuat  tulisan  hasil  diskusi  mengenai  aktivitas kehidupan manusia.


C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan membaca cerita kontekstual yang disertai ilustrasi gambar, siswa mampu memahami langkah-langkah pemecahan masalah matematika yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas dengan cermat
2.     Dengan menyelesaikan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalah matematika yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas dengan mandiri
3.     Dengan mencari informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mengetahui faktor yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia dengan rasa ingin tahu
4.     Dengan berdiskusi dalam kelompok, siswa mampu mengungkapkan gagasan tentang aktivitas manusia dan perubahan yang terjadi saat ini dengan percaya diri
5.    Dengan mengamati gambar banjir, siswa mampu menyebutkan tindakan yang perlu dilakukan terhadap peristiwa tersebut dengan peduli

D.    Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Mengamati gambar bencana banjir
Matematika: Persamaan Matematika satuan kuantitas
IPS : faktor yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia dalam kehidupannya.
PPKn : Manusia sebagai makhluk individu dan soaial.

E.    Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode      : Ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
Pendekatan    : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi/mengolah infomrasi, dan mengkomunikasikan).





F.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media dan Alat: Gambar-gambar; Lembar Tugas
2.    Sumber:
Susilawati, Fransiska,dkk. 2014. Buku Siswa SD Kelas 5 Tema 6: Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susilawati, Fransiska,dkk. 2014. Buku Guru SD Kelas 5 Tema 6: Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan    Deskripsi Kegiatan    Alokasi Waktu
Kegiatan Pembuka    a.    Guru membuka pelajaran dengan menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
b.    Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa
c.    Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
d.    Guru memberi motivasi kepada peserta didik agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.    Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.    10 Menit
Kegiatan Inti    1.    Guru membacakan cerita yang melibatkan operasi hitung antar satuan kuantitas. Sambil mendengarkan cerita, siswa bisa melihat ilustrasi gambar yang terdapat di buku siswa.
2.    Rasa ingin tahu siswa distimulus dengan melakukantanya-jawab untuk menyelesaikan persoalan yang
      terdapat dalam cerita
3.    Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan latihan berupa soal cerita
4.    Dengan mengerjakan soal cerita, siswa dituntut untuk mengasosiasi pemahaman awalnya tentang konsep,
konversi, dan operasi  hitung satuan kuantitas
5.    Guru meminta siswa menyampaikan hasil kerjanya di depan kelas dan saling bertukar pendapat dengan siswa lain mengenai langkah-langkah penyelesaian soal
6.    Siswa dilatih untuk mencari tahu informasi tentang faktor yang mempengaruhi perubahan aktivitas
manusia dalam kehidupannya
7.    Siswabisamenggaliinformasidaribuku-bukureferensi,internet, dan sebagainya.
8.    Informasi yang diperoleh dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa
9.    Guru melakukan tanya-jawab yang mengarahkan siswa untuk menyebutkan aktivitas manusia dan perubahan yang terjadi saat ini
10.    Hasil tanya-jawab dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa
11.    Bersama teman sebangku, siswa menggali informasi selengkap mungkin tentang    karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
12.    Siswa mengumpulkan informasi tersebut untuk membandingkan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
13.    Dalam kelompok yang terdiri maksimal lima anak, siswa melakukan diskusi untuk
membahas contoh teknologi yang dapat merubah aktivitas kehidupan manusia
14.    Siswa mengamati gambar banjir kemudian dibimbing guru untuk menyebutkan perannya sebagai makhluk individu dan sosial dalam menyikapi peristiwa tersebut    155Menit
Penutup    1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulantentang hubungan antar satuan kuantitas, faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia,karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial.
2.    Siswa bersama guru melakukan refleksikegiatan belajar hari ini.
3.    Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran    10 Menit

H.    Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian SikapCermat, Mandiri, Rasa ingin tahu,Teliti, Saling menghargai, Empati
b.    Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis, tes lisan, penugasan
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2.    Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap
NO    Nama Siswa    cermat    mandiri    Rasa ingin tahu    Teliti    Saling menghargai    Empati
        1    2       3    1    2    3    1    2    3    1    2    3    1    2    3    1    2    3
1    Beni                                                                       
2    Dayu                                                                       
    Keterangan :
(1)    Belum tampak
(2)    Tampak
(3)    menonjol

b.    penilaian pengetahuan
a.    Tes tertulis
1.    Ibu Fatma membeli 8 lusin gelas. Ia mendapat hadiah 4 gelas sebagai bonus.
                  Berapa banyak gelas ibu Fatma seluruhnya?
2.    Pak Rahman mempunyai persediaan kertas sebanyak 5 rim lebih 180 lembar.
                    Setelah dilihat ternyata terdapat 35 lembar kertas rusak. Berapa banyak kertas
                    yang masih baik?
b.    Tes lisan
1 lusin       = . . . . buah
11/2 lusin = . . . buah
c.    Penugasan
Disajiakan gambar banjir. Siswa mengamati kemudian menjawab pertanyaan:
Sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, apa yang kamu lakukan terhadap
peristiwa banjir?

c.    Penilaian ketrampilan
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
1.Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
2. Keterampilan siswa dalam mengamati
3. Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
Aspek    Baik Sekali    Baik    Cukup    Perlu
Bimbingan
Aspek    4    3    2    1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
pengamatan
ditulis
lengkap, siswa
menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang disajikan    Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-
pertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar secara
keseluruhan
dijawab
dengan benar    Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-
pertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
sebagian
besar dijawab
dengan benar    Hasil
pengamatan
gambar
ditulis cukup
lengkap dan
pertanyaan-
pertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
beberapa
dijawab
dengan benar    Hasil
pengamatan
gambar
ditulis kurang
lengkap dan
pertanyaan-
pertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
Sikap:
Ketelitian
dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya    Teliti dan de-
tail dalam
mengamati
setiap kom-
ponen pada
gambar dan
mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi    Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar    Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar    Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomuni-
kasikan hasil    Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
Baku    Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku    Penjelasan
kurang
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku    Penjelasan
sulit
dipahami dan
pemilihan
kata tidak
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku

Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
1.    Pengetahuan siswa tentang operasi hitung antar satuan kuantitas
2.     Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
masalah
3.     Kecermatan dan ketelititan siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk
memecahkan masalah
Aspek    Baik Sekali    Baik    Cukup    Perlu
Bimbingan
Aspek    4    3    2    1
Pengetahuan    Menunjukkan
pemahaman
yang lebih
tentang
operasi hitung
antar satuan
kuantitas    Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang
operasi hitung
antar satuan
kuantitas    Menunjukkan
pemahaman
yang cukup
tentang
operasi hitung
antar satuan
kuantitas    Menunjukkan
pemahaman
yang kurang
tentang
operasi hitung
antar satuan
kuantitas
Keterampilan
dan
kemampuan
menjawab
pertanyaan    Seluruh
pertanyaan
dijawab
dengan benar    Sebagian besar
pertanyaan
dijawab dengan
benar    Sebagian kecil
pertanyaan
dijawab
dengan benar    Seluruh
pertanyaan
tidak dijawab
dengan benar
Kecermatan
dan ketelitian
    Siswa secara
cermat dan
teliti meng-
gunakan dan
menuliskan
seluruh in-
formasi yang
disediakan
untuk meny-
elesaikan soal  cerita
    Siswa secara
cermat
dan teliti
menggunakan
dan menuliskan
sebagian besar
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita    Siswa
menggunakan
dan
menuliskan
sebagian
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita
    Siswa
menggunakan
dan menuliskan
sedikit
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita



Rubrik Presentasi Hasil Diskusi
Kompetensi yang dinilai:
1. Pengetahuan siswa tentang materi diskusi
2.Tata bahasa yang digunakan dalam menyampaikan hasil diskusi
3. Keterampilan siswa dalam berbicara dan menyajikan hasil diskusi
4. Sikap percaya diri dan kesungguhan siswa
Aspek    Baik Sekali    Baik    Cukup    Perlu
Bimbingan
Aspek    4    3    2    1
Tata Bahasa    Menggunakan
bahasa
Indonesia
yang baik dan
baku    Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia yang
baik dan baku    Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia yang
baik dan baku    Terdapat >
4 kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Sikap    Seluruh anggota
terlihatbersungguh-sungguh dalam
menyajikan hasil diskusi    Beberapa anggota
Terlihatbersungguh-
Sungguh dalam
menyajikan hasil diskusi    Beberapa anggota
Kelompok terlihat
bermain-main, namun sebagian
lainnya masih
menunjukkan
kerja keras    Siswa terus bermain-main
walaupun
berulang kali
diingatkan
oleh guru
Keterampilan
Berbicara    Intonasi jelas,
bahasa yang
digunakan
efektif, efisien,
dan mudah
dimengerti    Intonasi kurang jelas,namun
bahasa yang
digunakan efektif, efisien,dan mudah
dimengerti    Intonasi jelas namun
bahasa yang digunakan kurang efektif,efisien,dan susah dimengerti    Intonasi tidak
jelas danbahasa yang digunakan
tidak efektif,efisien, dan tidak bisa
dimengerti




Posting Komentar

1 Komentar