RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/ Semester : V/ 1(Satu)
Tema/ Subtema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan / Organ Tubuh Manusia
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia.
Indikator:
3.2.1 Membaca teks bacaan tentang tubuh manusia dan hewan
4.2.1 Membuat tulisan hasil pengamatan mengenai tubuh manusia dan hewan
Ipa
Kompetensi Dasar:
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
4.1 Membuat bagan rangka manusia beserta fungsinya
Indikator:
3.1.1 Menjelaskan kegunaan rangka.
4.1.1 Menggambar rangka manusia.
4.1.2 Memberi keterangan pada gambar mengenai bagian-bagian dan fungsi rangka manusia.
SBDP
Kompetensi Dasar:
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.3 Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan.
Indikator:
3.1.1 Memahami prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa (menggambar komik).
4.3.1 Mengamati langkah demi langkah dalam contoh menggambar komik
4.3.2 Menggambar komik bertema legenda/ cerita rakyat nusantara dengan proporsi,
komposisi, dan unsur penceritaan.
PJOK
Kompetensi Dasar:
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory)
untuk pengembangan kesegaran jasmani.
3.11 Memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan
kebugaran jasmani.
4.11 Menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh
Indikator:
3.5.1 Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan Jantung dan Paru.
3.11.1 Menyebutkan bahaya merokok.
4.5.1 Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.
4.11.1 Menjelaskan penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar berbagai aktivitas untuk kesehatan jantung dan paru-
paru, siswa dapat menirukan gerakan-gerakannya dengan percaya diri
2. Dengan bercerita, siswa mampu menyebutkan aktivitas yang dilakukannya untuk
menjaga kesehatan jantung dan paru-paru dengan tanggung jawab.
3. Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menjelaskan bahaya
merokok dengan cermat.
4. Dengan mengamati langkah-langkah menggambar tokoh komik, siswa mampu
menggambar tokoh komik sesuai imajinasi dengan kreatif.
5. Dengan menggambar salah satu rangka manusia, siswa mampu menunjukkan bagian-
bagian rangka manusia dengan mandiri.
D. Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia:
- Menuliskan cerita tentang aktifitas yang dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru.
Ipa :
- Rangka Manusia dan Fungsinya.
SBDP :
- Menggambar Tokoh Komik.
PJOK :
- Menirukan gerakan-gerakan senam.
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : Ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
Model : Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL ).
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi/mengolah infomrasi, dan mengkomunikasikan).
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Media dan Alat: Gambar-gambar; Lembar Tugas
2. Sumber:
Susilawati, Fransiska,dkk. 2014. Buku Siswa SD Kelas 5 Tema 6: Organ Tubuh Manusia dan Hewan.Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susilawati, Fransiska,dkk. 2014. Buku Guru SD Kelas 5 Tema 6: Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Kegiatan Pembuka a. Guru membuka pelajaran dengan menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
b. Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa
c. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
d. Guru memberi motivasi kepada peserta didik agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e. Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami. 10 Menit
Kegiatan Inti 1 .Siswa mengamati gambar berbagai aktivitas yangbermanfaat untuk kesehatan jantung dan paru-paru
2. Secara serempak, siswa mempraktikkan gerakan yang ditunjukkan pada gambar
3. Untuk meningkatkan keaktifan dan konsentrasi, guru bersama siswa bisa membuat kesepakatan/
aturan main yang menjelaskan konsekuensi bagi
yang melakukan kesalahan dalam gerak.
4. Siswa diminta membuat cerita yang berisi kegiatan yang dilakukan untuk menjga kesehatan jantung dan paru-paru.
5. Cerita ditulis pada kolom yang tersedia dibuku siswa menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku.
6. Beberapa siswa diminta untuk membacakan hasil kerjanya didepan kelas, sementara siswa yang lain mengomentari atau mengungkapkan pendapatnya.
7. Siswa diminta mencari informasisebanyak mungkin tentang bahaya merokok bagi manusia
8.Iinformasi diperoleh dari orang tua, buku, referensi, internet dan sebagainya.
9. Perdalam pemahaman siswa tentang bahaya merokok dengan mengidentifikasi peringatan pada bungkus rokok yang pernah dialami oleh orang-orang di sekitar siswa.
10. Informasi yang telah diperoleh disajikan pada kolom yang tersedia di buku siswa.
11. Stimulasi keingintahuan siswa dengan memberikan pertanyaan, “ Siapa yang suka membaca komik?” kaitkan pertanyaan dengan topik pembelajaran yakni langkah-langkah menggambar komik.
12. Siswa diminta untuk mengamati langkah-langkah menggambar tokoh komik.
13.Siswa bertanya lebih jauh lagi tentang bagaimana proses menggambar tokoh-tokoh lain pada komik.
14. Siswa mengetahui langkah-langkah menggambar tokoh komik, siswa diminta menggambar sendiri tokoh komik sesuai imajinasiny.
15. Selain menggambar tokoh komik, siswa diminta menggambar salah satu bagian kerangka tubuh manusia. Kemudian menuliskan keterangan pada setiap bagiannya.
16. Gambar rangka yang telah dibuat menjadi stimulus untuk menulis cerita tentang rangka dan fungsinya.
155Menit
Penutup a. Peserta didik barsama-sama guru membuat rangkuman/ simpulan dari kegiatan hari itu.
b. Peserta didik melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (4 hal yang mereka pelajari pada hari tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
c. Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa. 10 Menit
H. Penilaian
1. Penilaian Sikap Spiritual(Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran)
a. Teknik: Observasi
b. Bentuk Instrumen:Lembar Observasi dengan Skala Penilaian
c. Instrumen Penilaian:
Observasi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
No Aspek Pengamatan Skor
1 2 3 4
1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2 Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3 Memberisalam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4 Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5 Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
Jumlah Skor
d. Rubrik:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
e. Pedoman Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Skor= (jumlah skor/jumlah skor tertinggi)/4
2. Penilaian Sikap Sosial (Percaya Diri):
a. Teknik: Observasi
b. Bentuk Instrumen:Lembar Observasi dengan Skala Penilaian
c. Instrumen:
Observasi Sikap Percaya Diri
Nama Peserta Didik : …………………
Tanggal Pengamatan : …………………..
No Aspek Pengamatan Skor
1 2 3 4
1 melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu
2 berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan
3 tidak mudah putus asa
4 berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak
5 berani mencoba hal-hal yang baru
Jumlah Skor
d. Rubrik:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap percaya diri peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
e. Pedoman Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Skor= (jumlah skor/jumlah skor tertinggi)/4
3. Penilaian Pengetahuan
a. Teknik : tertulis dan lisan
b. Bentuk Instrumen : soal tertulis dan penugasan
c. Instrumen Penilaian:
Soal tertulis:
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar:
1. Bagaimana cara kita menjaga kesehatan tubuh?
2. Sebutkan 3 contoh bahaya merokok!
3. Sebutkan fungsi rangka bagi manusia!
4. Bagaimana akibat asap rokok bagi perokok pasif?
Lembar penugasan:
Gambarlah salah satu tokoh komik kesukaanmu!
d. Kunci Jawaban:
1.olah raga teratur dan menjaga pola makan dengan mkanan sehat.
2. serangan jantung, paru-paru, impotensi, gangguan pada janin.
3. menegakkan tubuh, tempat melekatny otot, memberi bentuk tubuh dll.
4. menyebabkan penyakit kanker paru-paru.
e. Pedoman Penskoran:
Nomer yang Benar dikalikan 25, hasil 100.
2. Penilaian Keterampilan
a. Teknik : tertulis
b. Bentuk Instrumen : lembar observasi
c. Instrumen Penilaian:
Format Penilaian Praktik: Melakukan gerakan senam
Aspek yang Dinilai Baik Sekali
(4) Baik
(3) Cukup
(2) Perlu Bimbingan (1)
Semangat
Gerakan
Percaya diri
d. Pedoman Penskoran:
Rekapitulasi Nilai:
NO Nama Siswa gerakan semangat Percaya diri
(1) (2) (3) (4) (1) (2) (3) (4) (1) (2) (3) (4)
1 Beni
2 Dayu
3 Siti
0 Komentar