Terbaru

6/recent/ticker-posts

JURNAL PTK: PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS V

Berdasarkan latar belakang, permasalahan perlu diatasi. Pemecahan masalah dengan menerapan model pembelajaran inovatif sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan diskusi dengan guru kelas V, untuk memecahkan masalah pembelajaran IPA, bersama tim kolaborasi menetapkan alternatif tindakan menggunaan model pembelajaran inovatif agar menyenangkan, siswa aktif, dan kreatif. Untuk memperbaiki, peneliti mengembangkan model Make a Match menggunakan media Flashcard.
 Model Make a Match dikembangkan oleh Lorna Curran (dalam Huda, 2011:135), mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana menyenangkan. Model Make a Match bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran di tingkatan kelas.      Flashcard adalah media pembelajaran berbentuk kartu bergambar ukurannya seukuran postcard atau sekitar 25 x 30 cm. Kelebihan media flashcard: (1) mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya seukuran postcard, (2) praktis dalam membuat dan menggunakannya, sehingga kapanpun anak didik bisa belajar dengan baik menggunakan media ini, (3) mudah diingat karena kartu ini sangat menarik, berisi huruf atau angka, simpel, merangsang otak lebih lama mengingat pesan pada kartu, (4) sangat menyenangkan digunakan sebagai media pembelajaran, dalam bentuk permainan (Indriana, 2011:68-69)

<<<DOWNLOAD PTK DISINI>>>

Posting Komentar

1 Komentar