Pertemuan Pertama
● Apersepsi
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
2. Guru menyapa dengan menanyakan kabar, semisal dengan kata “Apa kabar kalian hari ini?”
3. Memeriksa kehadiran, kerapian, posisi, dan tempat duduk yang benar
4. Memusatkan konsentrasi anak dengan bertanya, sebagaimana di buku siswa
5. Menyampaikan materi pokok dan meminta peserta didik menyimak tujuan pembelajaran beserta peta konsep
● Kegiatan Inti
1. Guru membagi kelompok
2. Guru mencontohkan bacaan dengan keras huruf demi huruf dan diikuti semua peserta didik
3. Guru memperhatikan bacaan yang paling bagus dari peserta didik
4. Beberapa Peserta didik yang paling bagus bacaannya diminta bergantian membacakan dengan keras, peserta didik yang lain mendengarkan sambil melihat tulisan
5. Setiap kelompok diminta membaca dengan keras secara bergantian antar kelompok
6. Setiap kelompok mengutus satu anggota untuk diminta membaca keras
7. Guru mengajak peserta didik membaca keras bersama-sama
8. Guru mengulang membaca keras beberapa kali sampai semua bacaan peserta didik dianggap cukup tartil dan lancar
● Kegiatan Penutup
1. Guru memberikan penguatan materi huruf-huruf hijaiah dengan cara membacakan ulang diikuti peserta didik
2. Guru menyampaikan tugas belajar di rumah dengan meminta dipandu orang tua atau keluarga yang mampu membaca huruf hijaiah
3. Guru mengajak berdoa untuk mengakhiri proses pembelajaran
4. Guru menyampaikan salam penutup.
0 Komentar