Menurut Thursan Hakim ( 2010: 16 ) Belajar adalah berlatih dan berusaha memperoleh keahlian atau ilmu. Belajar bagi seseorang adalah terjadinya perubahan tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman menuju ke arah yang lebih baik. Belajar terjadi kapan saja dan dimana saja. Salah satu pertanda bahwa seseorang telah melakukan kegiatan belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang tersebut yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan, ataupun pada sikapnya.
Uzer Usman ( 2001: 3 ) menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interaksi antar individu dengan lingkungannya. Sedangkan Cronbach ( dalam Sadiman 2000:23) menyatakan bahwa belajar ditandai dengan adanya perubahan yang disebabkan oleh pengalaman atau pengakuan yang bisa diperoleh melalui pelatihan. Jadi belajar merupakan suatu proses aktif dalam menanggapi berbagai macam situasi yang ada di sekitar individu atau lingkungannya. Dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku dari hasil interaksi antara individu dengan mempotensikan pengalaman dari latihan.
Dimyati Mahmud ( 1989: 121 ) menyatakan belajar adalah suatu perubahan tingkah laku baik yang dapat diamati maupun yang tidak dapat diamati secara langsung dan terjadi dalam diri seseorang karena pengalaman.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan belajar dapat diartikan sebagai suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku baik yang dapat diamati maupun yang tidak dapat diamati secara langsung dan terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
0 Komentar