Terbaru

6/recent/ticker-posts

Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Problem-Based Learning (PBL)

Langkah-langkah pembelajaran metode Problem-Based Learning (PBL) menurut Arends (2008: 58) adalah sebagai berikut:
1) Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan;
2) Guru memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang telah dipilih;
3) Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.);
4) Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis dan pemecahan masalah;
5) Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya;
6) Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan; dan
7) Kesimpulan/Penutup.

Posting Komentar

0 Komentar