Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP Bhs. Indonesia Kelas II Semester 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jenjang Pendidikan :.............................
Tema : Lingkungan
Kelas / Semester : II / I
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit




I. STANDAR KOMPETENSI
3.Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

II. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat ) yang dibaca dengan
membaca lancar.

III. INDIKATOR
• Mengidentifikasi isi tkes pendek
• Menyimpulkan isi teks pendek


IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mengidentifikasi isi teks pendek
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibaca.
3.Siswa dapat menyipulkan isi teks pendek.



V. MATERI AJAR
Teks bacaan yang berjudul ”MENJAGA KESEHATAN”

Setiap hari aku mandi.
Aku selalu menggosok gigi.
Agar gigiku putih bersih.
Kuberi sabun tubuhku.
Supaya badanku bersih dan wangi.
Aku selalu ingat pesan ibu.
Agar selalu menjaga kebersihan.
Kebersihan merupakan pangkal kesehatan.
Ingat, jangan sampai kita melupakan.
Untuk selalu menjaga kebersihan tubuh.
Agar tidak mudah terserang penyakit.

VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Demontrasi

VII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.Kegiatan Pendahuluan
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan diajarkan atau apersepsi.
Contoh : Kita jangan lupa menjaga .............
Tubuh yang bersih tidak mudah terserang...................
3.Guru menginformasikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai.
4.Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan.



B.Kegiatan Inti
1. Siswa membaca tekas pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks pendek dibaca.
3. Siswa menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat ) yang dibaca membaca
lancar.

C.Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa melakukan refleksi atau membuat rangkuman / kesimpulan
materi.
2. Guru memberikan penilaian atau memberikan pertanyaan evaluasi.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tindak lanjut dengan memberikan arahan / pesan atau kegiatan
atau tugas sebagai bagian remidi / pengayaan.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya


VIII. ALAT BAHAN / SUMBER BELAJAR
A. Alat / Bahan : Ganbar – gambar....
B. Sumber Belajar : - Lingkungan tempat tinggal
- Buku Refrensi Bahasa Indonesia Kelas II Hl..

IX. PENILAIAN
A. Prosedur Tes : Tes dalam proses dan tes akhir
B. Jenis Tes : Tes akhir secara tulis
C. Bentuk Tes : Tes Objektif
D. Alat Tes : 1. Butir Soal
2. Lembar Observasi

Butir Soal
Jawablah pertanyaan dengan singkat dan tepat !
1. Setiap hari....mandi.
2. Aku selalu menggosok.....sampai putih.
3. Kuberi.....tubuhku.
4. Badanku menjadi.....dan.....
5. Pesan ibu agarselalu.....kebersihan.

E.Kunci Jawaban
1. Aku
2. Gigi
3. Sabun
4. Bersih dan wangi
5. Menjaga

F. Penskoran
1. Jumlah soal : 5
2. Bobot nilai tiap soal : 2
3. Skor maksimal : 10
4. Nilai akhir : Skor perolehan X 100 =..........
Skor maksimal
G. Ketuntasan Belajar
Untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran, maka untuk kompetensi dasar ini ditentukan dengan KKM = 60.

Posting Komentar

0 Komentar