RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : VI/Ganjil Mata Pelajaran : IPS |
Standar Kompetensi:
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam, dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.
Kompetensi Dasar:
1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia.
Indikator:
1. Menyebutkan pembagian provinsi pada awal kemerdekaan Indonesia.
2. Mengetahui wilayah provinsi di Indonesia yang mengalami pemekaran.
3. Mengidentifikasi provinsi yang terbentuk di era reformasi.
4. Mengetahui sejarah perkembangan batas wilayah laut teritorial Indonesia.
5. Menjelaskan tentang otonomi daerah dan perkembangan sistem pemerintahan di Indonesia.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan jumlah provinsi di Indonesia.
2. Menjelaskan provinsi yang terbentuk di era reformasi.
3. Menjelaskan perkembangan batas wilayah laut teritorial Indonesia.
4. Menjelaskan pengertian dan asas otonomi daerah.
5. Menjelaskan dampak positif dan negatif pelaksanaan otonomi daerah.
6. Menjelaskan perkembangan sistem pemerintahan di Indonesia.
B. Materi Pembelajaran
· Perkembangan jumlah provinsi di Indonesia
· Perkembangan wilayah laut teritorial Indonesia
· Sistem administrasi daerah di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru mendeskripsikan perubahan wilayah provinsi di Indonesia.
2. Siswa mengamati dan merespons penjelasan guru.
3. Guru mendeskripsikan perubahan wilayah laut teritorial Indonesia.
4. Siswa mengetahui perubahan wilayah perairan Indonesia.
5. Guru menjelaskan tentang sistem administrasi daerah di Indonesia.
6. Siswa menanyakan uraian materi yang belum dipahami.
7. Guru menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku IPS SD Kelas VI
2. Referensi lain yang relevan
3. Peta Indonesia
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Penguasaan Konsep
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Sebutkan pemekaran Provinsi Sumatra tahun 1950!
B. Penerapan
Bentuk instrumen : Penilaian proyek, penilaian sikap, dan portofolio.
Contoh soal : Penilaian proyek
Buatlah kliping mengenai kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan pemerintahan di daerah, kemudian buat ulasan untuk tiap artikel yang memuat tentang kerugian yang diderita masyarakat dan upaya mengantisipasi kecurangan-kecurangan tersebut!
Mengetahui, Kepala Sekolah ___________________ NIP | ……..., ………………… Guru Kelas |
___________________
NIP |
0 Komentar