RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : II/Ganjil Mata Pelajaran : Penjasorkes |
Standar Kompetensi:
1. Mempraktikkan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar:
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerja sama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerja sama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan, dan memahami diri sendiri.
1.3 Mempraktikkan gerak dasar melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerja sama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan, dan memahami diri sendiri.
Indikator:
1. Siswa melakukan gerak dasar jalan, lari, lompat dengan berbagai variasi.
2. Siswa melakukan gerak memutar, mengayun, menekuk lutut, dengan berbagai variasi.
3. Siswa melakukan gerak dasar melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola ke berbagai arah.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Mempraktikkan gerak dasar berjalan, lari, dan lompat dengan berbagai variasi.
2. Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, dan menekuk lutut dengan berbagai variasi.
3. Mempraktikkan gerak dasar melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola ke berbagai arah.
B. Materi Pembelajaran
1. Pola gerak lokomotor dengan gerakan dasar berjalan, lari, dan lompat dengan berbagai variasi.
2. Pola gerak nonlokomotor dengan gerakan dasar memutar, mengayun, dan menekuk lutut.
3. Gerak dasar manipulatif dengan gerakan dasar melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Gerak Dasar Lokomotor
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru memberikan pretest tentang materi yang akan dipelajari.
2) Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
b. Kegiatan Inti
1) Guru menjelaskan berbagai gerak dasar lokomotor.
2) Siswa melakukan gerak dasar berjalan, lari, lompat dengan berbagai variasi dengan diawasi guru.
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2) Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3) Guru memberikan tugas pengerjaan LKS.
II. Gerak Dasar Nonlokomotor
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru memberikan pretest tentang materi yang akan dipelajari.
2) Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
b. Kegiatan Inti
1) Guru menjelaskan berbagai gerak dasar nonlokomotor.
2) Siswa melakukan gerak dasar memutar, mengayun, dan menekuk lutut dengan berbagai variasi.
3) Siswa mendiskusikan unsure-unsur dalam gerak dasar berjalan, lari, dan lompat.
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2) Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3) Guru memberikan tugas pengerjaan LKS.
III. Gerak Dasar Manipulatif
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru memberikan pretest tentang materi yang akan dipelajari.
2) Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
b. Kegiatan Inti
1) Guru menjelaskan berbagai gerak dasar manipulatif.
2) Siswa melakukan gerak dasar melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola dengan diawasi guru.
3) Siswa mendiskusikan unsur-unsur dalam gerak dasar melempar, menangkap, dan menggiring.
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2) Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3) Guru memberikan tugas pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD Kelas 2.
2. Referensi lain yang relevan.
3. Alat-alat praktik: tongkat/stick, tali/tambang, bola tenis, bola besar, dan lapangan.
F. Penilaian Hasil Belajar
Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal :
Sebutkan 2 cabang olahraga atletik!
Uji Praktik
Contoh soal :
Praktikkan lari beranting 4 x 20 meter dengan sungguh-sungguh!
Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Mata Pelajaran __________________________ NIP |
0 Komentar