RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/
Semester : V/1 (Satu)
Tema/ Subtema/
PB : Benda-benda di Lingkungan Sekitar/Wujud
Benda dan Cirinya/2
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (6
x 35 Menit)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Mata Pelajaran SBdP
3.4 memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya
kreatif berdasarkan ciri khas daerah
3.4.1
Mengenal jenis- jenis karya kerajinan dari berbagai daerah di nusantara
4.4 membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan
proporsi dan keseimbangan
4.4.1
Mengenal berbagai karakter topeng
4.4.2
Melakukan studi pustaka tentang kerajinan dari berbagai daerah di indonesia
Mata Pelajaran PJOK
3.1 memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai
permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
3.1.1 Menyebutkan cara melakukan berbagai keterampilan untuk
mengambil posisi, mencetak angka, dan mengoper ke teman
4.1 mempraktikan variasi dan kombinasi
pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola besar
4.1.1
Menggunakan berbagai keterampilan untuk
mengambil posisi, mencetak angka dan, mengoper ke teman
Mata Pelajaran IPA
3.4 mengidentivikasi perubahan yang
terjadi di alam hubunganya dengan penggunaan sumber daya alam dan pengaruh
kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
3.4.1
Mendeskripsikan sifat- sifat benda
padat, cair dan gas
4.7 menyajikan hasil laporan tentang
permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta
memprediksi apa yang akan terjadi permasalahan tersebut tidak diatasi
4.7.1
Menyajikan hasil
laporan pengamatan perubahan wujud benda
Mata Pelajaran BAHASA INDONESIA
3.1 menggali informasi dari teks laporan
buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa indonesia lisan dan tertulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.1.1 Menggali informasi dari bacaan tentang perubahan wujud
benda yang terjadi karena kegiatan manusia
4.1 mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri
dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1
Menyajikan hasil
pengamatan mengenai bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi
alam serta cara pencegahanya
C. Tujuan
Pembelajaran.
1.
Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan seksama
siswa dapatmemahami tema yang akan dipelajari dengan teliti.
2.
Dengan mengamati gambar dengan seksama siswa dapat mengajukan
pertanyaanberkaitan dengan tema yang sedang dipelajari dengan cermat dan
teliti.
3.
Dengan memperhatikan teks siswa memahami pentingnya pemanasan
sebelummemulai permainan atau olahraga inti dengan penuh sikap disiplin.
4.
Dengan mempelajari teknik dasar bermain bola basket siswa
terampil dalammempraktekan teknik dasar bermain bola basket dengan benar dan
sportif.
5.
Dengan melakukan percobaan untuk menguji perubahan wujud benda dengan
sistematisdan penuh rasa ingin tahu siswa dapat mengetahui dan menjelaskan
wujud dan sifatbenda serta perubahan wujudnya dengan pemikiran logis dengan
cermat dan teliti.
6.
Dengan melakukan percobaan secara mandiri siswa dapat membuat
laporanpengamatan sederhana secara sistematis dan komunikatif.
7.
Siswa dapat mempresentasikan hasil laporan pengamatan dengan
sikap percaya diri.
8.
Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengisi tabel isian kosa
kata dan mencariarti kata kosa kata baku dan tidak baku dengan teliti.
9.
Dengan membaca teks dengan seksama siswa dapat menuliskan
kembali informasipenting dari bacaan dan memberikan pendapat yang logis tentang
teks bacaan yangtelah dibaca dengan sikap penuh percaya diri.
10.
Dengan melakukan studi literatur siswa dapat mengenal kerajinan
khas topeng didaerah masing-masing dan mencatat hasil penemuan mereka dengan
sistematis,sikap bangga dan mencintai karya seni sendiri.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Mengenal jenis karya kerajinan dari berbagai
daerah
2.
Perubahan wujud benda
3.
Manfaat gerak pemanasan sebelum berolahraga
4.
Kata baku dan tidak baku
E. Metode
Pembelajaran
1.
Metode :
diskusi, tanya jawab
2.
Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]
F. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Gambar wayang, surat kabar
2.
Alat : es, mentol gosok, raket, bola basket, wayang
kulit
3.
Sumber belajar :
Maryanto,
dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema I
“Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu
siswa.
2.
Siswa menyanyikan lagu “menthok menthok”
bersama-sama.
3.
Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Mulai kegiatan dengan membaca seksama sebuah ilustrasi tentang
kegiatan berolahraga dan fasilitas peralatan yang dilakukan.
2.
Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan pada
tema ini.
3.
Guru memberikan stimulus rasa ingin tahu dengan memberikan
pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti yang tertera di dalam gambar.
4.
Siswa diminta membaca pertanyaan kunci setelah membaca ilustrasi dan
mencoba menjawabnya dengan pemikiran yang logis.
5.
Siswa diminta mengamati ilustrasi gambar tentang pemanasan yang
telah disediakan.
6.
Siswa diminta berdiskusi dan menyampaikan pendapat mereka tentang
manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga inti sesuai dengan
pengetahuan yang dimiliki siswa.
7.
Siswa diminta memperhatikan gambar dan membaca seksama teori dan
keterampilan menggunakan boal besar dalam sebuah permainan.
8.
Setelah membaca, siswa diminta berdiskusi tentang cara-cara yang
dpaat dilakukan untuk mencetak angka dalam permainan bola besar.
9.
Setelah memahami teori, siswa diminta keterampilan menggunakan bola
besar dalam sebuah permainan.
10.
Siswa diminta mencatat hasil latihan mereka dalam lembar catatan
yang telah disediakan.
11.
Siswa diminta berlatih dengan bimbingan dan penilaian guru, teman,
orangtua, maupun anggota keluarga lainnya.
12.
Siswa membaca cara melakukan teknik melempar bola, menangkap bola,
menggiring bola besar.
13.
Guru memberikan contoh cara melakukan teknik melempar bola,
menangkap bola, menggiring bola.
14.
Siswa memperhatikan dengan seksama peragaan yang dilakukan oleh
guru.
15.
Siswa mempraktekan secara berpasangan.
16.
Siswa mengamati gambar yang telah disediakan.
17.
Guru memancing rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaa.
18.
Siswa kemudian bekerja secara kelompok beranggotakan 4 orang.
19.
Siswa mengamati beberapa jenis wujud benda yang telah mereka
ketahui.
20.
Siswa diminta berdiskusi dan menuliskan hasil pemahaman mereka
tentang wujud benda, sifat benda dan memberikan contohnya, serta perwujudan
benda.
21.
Siswa diminta untuk membaca bersuara teks bacaan secara bergantian
dengan memperhatikan kejelasan lafal, volume suara, dan intonasi yang
bervariasi.
22.
Siswa diminta berdiskusi dan memberikan pendapat tentang informasi
penting.
23.
Siswa diminta mencari kosakata baku dan tidak baku yang tidak mereka
pahami dari bacaan kemudian menuliskan artinya.
24.
Siswa diminta untuk menulis daftar kosakata di kolom yang telah
disediakan.
25.
Siswa kemudian untuk memahami permasalahan penting dari teks bacaan
dan menuliskan informasi penting yang mereka dapatkan.
26.
Siswa diminta membaca dan memahami teks bacaan yang telah disediakan
tentang karya seni tradisional topeng.
27.
Siswa membaca petikan informasi yang menjelaskan salah satu jenis
kesenian tradisonal, yakni wayang kulit dan wayang golek.
28.
Siswa diminta memperluas eksplorasi dengan mengamati dan mencari tahu
salah satu jenis kesenian tradisional di daerahnya.
29.
Siswa melakukan studi
literature dari berbagai surat kabar, majalah atau internet untuk melengkapi
tabel hasil studi pustaka mereka dan mencari tahu berbagai macam jenis dan
karakter topeng, materi dan teknik pembuatannya maupun ciri atau
karakteristik khususnya.
30.
Siswa menuliskan informasi yang telah mereka dapatkan dalam tabel
yang telah disediakan.
|
190 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang
perubahan alam, perubahan wujud benda
2.
Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan
belajar hari ini.
3.
Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
10 Menit
|
H. Penilaian
1.
Penilaian
sikap
A. Nilai Proses dan Hasil Belajar
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai
sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1
=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
1.
Penilaian
sikap
a.
Spiritual
Nama
Peserta didik :
Kelas
:
Tanggal
pengamatan :
Subtema
:
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberisalamsebelumdansesudahmenyampaikanpendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
b.
Sosial
(Santun)
Nama
Peserta didik :
Kelas
:
Tanggal
pengamatan :
Subtema
: wujud benda dan
cirinya
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang lebih tua
|
||||
2
|
Mengucapkanterimakasihsetelahmenerimabantuan
orang lain
|
||||
3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
||||
4
|
Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
||||
5
|
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
||||
Jumlah Skor
|
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
2
Penilaian
pengetahuan
Tertulis
1.
Sebutkan
berbagai karya kerajinan yang dihasilkan daerah tempat tinggalmu!
2.
Bagaimana
cara pengenalan air sebelum berenang?
3.
Jika
kita memasukkan es batu kedalam gelas yang berisi air panas maka yang akan
terjadi adalah?
4. Tuliskan
dengan singkat proses terjadinya embun!
Lisan
1. Jelaskan
bagaimana sifat benda cair!
2. Kegiatan
apa saja yang dapat merusak alam?
3. Bagaimana
cara mengoper dan melempar bola basket?
3
Penilaian
keterampilan
1.
Praktikkan
gerak dasar bola basket dengan benar! (praktik)
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
|||
Sanagat baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
bimbingan (1)
|
|
Teknik melempar bola
|
||||
Teknik menggiring bola
|
||||
Teknik menangkap bola
|
2. Carilah
5 gambar kerajianan dari berbagai daerah
di indonesia. kamu dapat mencarinya di surat kabar, majalah, buku, atau
internet. Kemudian, isilah tabel di bawah ini!
Tempelkan
gambar kerajinan pada kolom di bawah
|
Jelaskan
hal-hal berikut
|
|||
Nama kerajinan
|
Asal daerah
|
Jenis bahan
|
Teknik membuat
|
|
1 Komentar
Makasih atas ilmu nya.
BalasHapus