Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP Kurikulum 2013 kelas V/1 :Benda-benda di Lingkungan Sekitar/Wujud Benda dan Cirinya



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan          : SD
Kelas/ Semester               : V/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB       : Benda-benda di Lingkungan Sekitar/Wujud Benda dan Cirinya/2
Alokasi Waktu                   : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)

A.   Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Mata Pelajaran SBdP
3.4   memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
          3.4.1 Mengenal jenis- jenis karya kerajinan dari berbagai daerah di nusantara
4.4   membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan
          4.4.1 Mengenal berbagai karakter topeng
          4.4.2 Melakukan studi pustaka tentang kerajinan dari berbagai daerah di indonesia

Mata Pelajaran PJOK
3.1 memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
3.1.1     Menyebutkan cara melakukan berbagai keterampilan untuk mengambil posisi, mencetak angka, dan mengoper ke teman

4.1 mempraktikan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
4.1.1          Menggunakan berbagai keterampilan untuk mengambil posisi, mencetak angka dan, mengoper ke teman


Mata Pelajaran IPA
3.4 mengidentivikasi perubahan yang terjadi di alam hubunganya dengan penggunaan sumber daya alam dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
3.4.1          Mendeskripsikan sifat- sifat benda padat, cair dan gas


4.7 menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi permasalahan tersebut tidak diatasi
4.7.1          Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda

Mata Pelajaran BAHASA INDONESIA
3.1 menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tertulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1     Menggali informasi dari bacaan tentang perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia

4.1 mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1     Menyajikan hasil pengamatan mengenai bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahanya

C.      Tujuan Pembelajaran.
1.    Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan seksama siswa dapatmemahami tema yang akan dipelajari dengan teliti.
2.    Dengan mengamati gambar dengan seksama siswa dapat mengajukan pertanyaanberkaitan dengan tema yang sedang dipelajari dengan cermat dan teliti.
3.    Dengan memperhatikan teks siswa memahami pentingnya pemanasan sebelummemulai permainan atau olahraga inti dengan penuh sikap disiplin.
4.    Dengan mempelajari teknik dasar bermain bola basket siswa terampil dalammempraktekan teknik dasar bermain bola basket dengan benar dan sportif.
5.    Dengan melakukan percobaan untuk menguji perubahan wujud benda dengan sistematisdan penuh rasa ingin tahu siswa dapat mengetahui dan menjelaskan wujud dan sifatbenda serta perubahan wujudnya dengan pemikiran logis dengan cermat dan teliti.
6.    Dengan melakukan percobaan secara mandiri siswa dapat membuat laporanpengamatan sederhana secara sistematis dan komunikatif.
7.    Siswa dapat mempresentasikan hasil laporan pengamatan dengan sikap percaya diri.
8.    Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengisi tabel isian kosa kata dan mencariarti kata kosa kata baku dan tidak baku dengan teliti.
9.    Dengan membaca teks dengan seksama siswa dapat menuliskan kembali informasipenting dari bacaan dan memberikan pendapat yang logis tentang teks bacaan yangtelah dibaca dengan sikap penuh percaya diri.
10.     Dengan melakukan studi literatur siswa dapat mengenal kerajinan khas topeng didaerah masing-masing dan mencatat hasil penemuan mereka dengan sistematis,sikap bangga dan mencintai karya seni sendiri.

D.      Materi Pembelajaran
1.       Mengenal jenis karya kerajinan dari berbagai daerah
2.       Perubahan wujud benda
3.       Manfaat gerak pemanasan sebelum berolahraga
4.       Kata baku dan tidak baku

E.       Metode Pembelajaran
1.       Metode :  diskusi, tanya jawab
2.       Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]

F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Media                   : Gambar wayang, surat kabar
2.       Alat                        :  es, mentol gosok, raket, bola basket, wayang kulit
3.       Sumber belajar :
Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema I “Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




G.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2.       Siswa menyanyikan lagu “menthok menthok” bersama-sama.
3.       Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.          Mulai kegiatan dengan membaca seksama sebuah ilustrasi tentang kegiatan berolahraga dan fasilitas peralatan yang dilakukan.
2.          Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan pada tema ini.
3.          Guru memberikan stimulus rasa ingin tahu dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti yang tertera di dalam gambar.
4.          Siswa diminta membaca pertanyaan kunci setelah membaca ilustrasi dan mencoba menjawabnya dengan pemikiran yang logis.
5.          Siswa diminta mengamati ilustrasi gambar tentang pemanasan yang telah disediakan.
6.          Siswa diminta berdiskusi dan menyampaikan pendapat mereka tentang manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga inti sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki siswa.
7.          Siswa diminta memperhatikan gambar dan membaca seksama teori dan keterampilan menggunakan boal besar dalam sebuah permainan.
8.          Setelah membaca, siswa diminta berdiskusi tentang cara-cara yang dpaat dilakukan untuk mencetak angka dalam permainan bola besar.
9.          Setelah memahami teori, siswa diminta keterampilan menggunakan bola besar dalam sebuah permainan.
10.      Siswa diminta mencatat hasil latihan mereka dalam lembar catatan yang telah disediakan.
11.      Siswa diminta berlatih dengan bimbingan dan penilaian guru, teman, orangtua, maupun anggota keluarga lainnya.
12.      Siswa membaca cara melakukan teknik melempar bola, menangkap bola, menggiring bola besar.
13.      Guru memberikan contoh cara melakukan teknik melempar bola, menangkap bola, menggiring bola.
14.      Siswa memperhatikan dengan seksama peragaan yang dilakukan oleh guru.
15.      Siswa mempraktekan secara berpasangan.
16.      Siswa mengamati gambar yang telah disediakan.
17.      Guru memancing rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaa.
18.      Siswa kemudian bekerja secara kelompok beranggotakan 4 orang.
19.      Siswa mengamati beberapa jenis wujud benda yang telah mereka ketahui.
20.      Siswa diminta berdiskusi dan menuliskan hasil pemahaman mereka tentang wujud benda, sifat benda dan memberikan contohnya, serta perwujudan benda.
21.      Siswa diminta untuk membaca bersuara teks bacaan secara bergantian dengan memperhatikan kejelasan lafal, volume suara, dan intonasi yang bervariasi.
22.      Siswa diminta berdiskusi dan memberikan pendapat tentang informasi penting.
23.      Siswa diminta mencari kosakata baku dan tidak baku yang tidak mereka pahami dari bacaan kemudian menuliskan artinya.
24.      Siswa diminta untuk menulis daftar kosakata di kolom yang telah disediakan.
25.      Siswa kemudian untuk memahami permasalahan penting dari teks bacaan dan menuliskan informasi penting yang mereka dapatkan.
26.      Siswa diminta membaca dan memahami teks bacaan yang telah disediakan tentang karya seni tradisional topeng.
27.      Siswa membaca petikan informasi yang menjelaskan salah satu jenis kesenian tradisonal, yakni wayang kulit dan wayang golek.
28.      Siswa diminta memperluas eksplorasi dengan mengamati dan mencari tahu salah satu jenis kesenian tradisional di daerahnya.
29.       Siswa melakukan studi literature dari berbagai surat kabar, majalah atau internet untuk melengkapi tabel hasil studi pustaka mereka dan mencari tahu berbagai macam jenis dan karakter topeng, materi dan teknik pembuatannya maupun ciri atau karakteristik khususnya.
30.      Siswa menuliskan informasi yang telah mereka dapatkan dalam tabel yang telah disediakan.
190 Menit
Penutup
1.       Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan alam, perubahan wujud benda
2.       Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.       Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 Menit

H.     Penilaian
1.    Penilaian sikap

A.  Nilai Proses dan Hasil Belajar
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1        = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

1.      Penilaian sikap
a.       Spiritual
Nama Peserta didik      :
Kelas                            :
Tanggal pengamatan    :
Subtema                       :
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberisalamsebelumdansesudahmenyampaikanpendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor






b.      Sosial (Santun)
Nama Peserta didik      :
Kelas                            :
Tanggal pengamatan    :
Subtema                       : wujud benda dan cirinya



No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang lebih tua




2
Mengucapkanterimakasihsetelahmenerimabantuan orang lain




3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat




4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman




5
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain




Jumlah Skor




Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan




2      Penilaian pengetahuan
Tertulis
1.      Sebutkan berbagai karya kerajinan yang dihasilkan daerah tempat tinggalmu!
2.      Bagaimana cara pengenalan air sebelum berenang?
3.      Jika kita memasukkan es batu kedalam gelas yang berisi air panas maka yang akan terjadi adalah?
4.      Tuliskan dengan singkat proses terjadinya embun!

Lisan
1.      Jelaskan bagaimana sifat benda cair!
2.      Kegiatan apa saja yang dapat merusak alam?
3.      Bagaimana cara mengoper dan melempar  bola basket?

3      Penilaian keterampilan
1.      Praktikkan gerak dasar bola basket dengan benar! (praktik)

Aspek yang dinilai
Nilai

Sanagat baik (4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu bimbingan (1)
Teknik melempar bola




Teknik menggiring bola




Teknik menangkap bola







2.      Carilah 5 gambar kerajianan  dari berbagai daerah di indonesia. kamu dapat mencarinya di surat kabar, majalah, buku, atau internet. Kemudian, isilah tabel di bawah ini!
Tempelkan gambar kerajinan pada kolom di bawah

Jelaskan hal-hal berikut
Nama kerajinan
Asal daerah
Jenis bahan
Teknik membuat



















































Posting Komentar

1 Komentar