Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP SANTIFIK KELAS V/1 :Benda-benda di Lingkungan Sekitar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan       : SD
Kelas/ Semester           : V/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB     : Benda-benda di Lingkungan Sekitar/ Wujud Benda dan Cirinya/ PB
Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
A.    Kompetensi Inti (KI):
      KI 1           :Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
      KI 2          : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam       berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3            :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4           : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Mata Pelajaran Matematika
3.2 memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, desimal dan persen) dan dapat mengubah   bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkalian dan pembagian
3.2.1        Mengenal operasi perkalian berbagai bentuk pecahan

4.8 mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan , perkalian dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.8.1        Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan


Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
3.1 mengenali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1        Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia

4.1 mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1.1        Menuliskan contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan
4.1.2        Melakukan pembiasaan cara menghemat air
Mata Pelajaran IPS
3.1 memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektifitas antara ruang dan waktu serta keberlanjutanya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahanya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

4.1 menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutan dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber- sumber tersedia
4.1.1        Menyusun laporan secara tertulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan berkelanjutan dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
Mata Pelajaran PPKN
3.6  memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
3.6.1        Mengidentifikasi kebutuhan hidup bertetangga

4.6 menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.6.1        Mendaftar asal daerah dari barang- barang yang digunakan sehari- hari dirumah

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati gambar, siswa menemukan contoh perubahan lingkungan yang disebabkan perilaku manusia dengan cermat dan teliti.
2.      Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi dampak negatif penggunaan pestisida.
3.      Dengan studi pustaka, siswa menemukan informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam secara mandiri, cermat, dan teliti.
4.      Dengan eskplorasi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku manusia yang menyebabkan perubahan alam secara cermat dan teliti.
5.      Dengan diskusi, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dengan demokrasi dan komunikatif.
6.      Dengan membaca, siswa menemukan contoh-contoh budaya Indonesia yang mulai luntur dengan cermat dan teliti.
7.      Dengan berlatih, siswa melakukan operasi perkalian pecahan desimal secara mandiri, cermat dan teliti

D.     Materi Pembelajaran
1.      Perilaku manusia yang mempengaruhi alam.
2.      Pecahan biasa, desimal, dan campuran
3.      Mengenali infomasi dari teks mengenai kosakata baku dan tidak baku
4.      Kebutuhan hidup

E.     Metode Pembelajaran
1.      Metode           :
2.    Pendekatan      : saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menular, dan mengkomunikasikan)

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                        : gambar, teks
2.      Alat               :
3.      Sumber belajar:
-          Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema 1”Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
-          Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema 1”Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
-          Internet
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2.    Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang Di Sana Senang”.
3.    Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan disampaikan.
10 menit
Kegiatan Inti
1.  Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan meminta siswa untuk mengamati gambar pada buku siswa.
2.  Ciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga siswa percaya diri, teliti, dan memiliki imajinasi yang tepat dalam mengamati gambar.
3.  Siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati
4.  Guru  menunjuk  beberapa siswa untuk awal melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran berikutny.
5.  Guru mengkonfimasi dan mengapresiasi jawaban-jawaban siswa.
6.  Gunakan jawaban-jawaban siswa sebagai pengetahuan pengetahuan awal
7.  Siswa diminta membaca teks yang berjudul Dampak Negatif Penggunaan Pestisida
8.  Selesai membaca, siswa diminta untuk menggali informasi dari bacaan berdasarkan pertanyaan pertanyaan pada buku siswa.
9.  Siswa diminta mengerjakan secara mandiri.
10.       Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
11.       Siswa diminta menemukan informasi dan daa dari beberapa sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam.
12.       Gunakan rubrik studi pustaka untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
13.       Siswa diminta untuk mengidentifikasikan keseimbangan lingkungan tempat tinggalnya yang dapat memengaruhi kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar
14.       Guru memberikan narasi sebagai penghubung perubahan pada perilaku manusia berikutnya. Dalam hal ini yang menjadi kalimat kuncinya adalah keseimbangan alam yang tergaganggu pada akhirnya juga mengakibatkan antarkompetensi atau untuk melanjutkan materi
15.       siswa diminta untuk membuat kelompok diskusi yang beranggotakan 4 orang.
16.       Masing-masing   kelompok       diminta mendiskusikan   mengenai   perubahan- perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu
17.       siswa dapat mencari informasi dan data dengan melakukan studi pustaka, wawancara maupun observasi
18.       Siswa diminta untuk membuat analisa terhadap pernyataan–pernyataan pada tabel di buku siswa dengan berdasarkan pada sikap dan pemahamannya sendiri.
19.       Siswa  diminta  mengamati  kehidupan bertetangga di daerah tempat tinggalnya
20.       Siswa diminta memfokuskan pengamatan pada kebutuhan-kebutuhan dalam hidup bertetangga
21.       Siswa diminta untuk menuliskan hasilnya pada tabel di buku siswa
22.       Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi atau untuk melanjutkan materi berikutnya. Dalam hal ini yang menjadi kalimat kuncinya adalah Perilaku dan sikap saling memenuhi kebutuhan dalam hidup bertetangga dapat dimulai dengan melakukan hal-hal kecil. Seperti saling  bersilaturahmi, bertukar makanan, membantu tetangga yang sedang menyelenggarakan hajatan. Dalam sebuah hajatan, biasanya disajikan makanan yang berupa jenang atau dodol. Perlu diketahui, dalam membuat adanan jenang merah diperlukan perbandingan bahan-bahan adaonan yang sesuai. Hal ini dilakukan agar menghasilkan jenang yang enak dan awet (tidak mudah berjamur).
23.       Guru memberikan penjelasan cara melakukan operasi perkalian berbagai bentuk Pecahan
24.       Lakukan kegiatan ini secara interaktif dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan.
25.       Siswa diminta mengerjakan soal latian perkalian dalam bentuk pecahah
26.       Guru berkeliling menbantu siswa yang mengalami kesulitan
27.       Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban
28.       Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
29.       siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku keseharianya berkaitan dengan kompetensi- kompetensi yang sudah dipelajari dalam hal ini kebutuhan hidup bertetangga menggali informasi dari teks berkaitan dengan menggunakan pestisida, memahami perubahan pada perilaku manusia
30.       Siswa dengan bantuan orang tua mengidentifikasi semua barang kebutuhan hidup bertetangga  yang dapat dibeli di pasar, termasuk dengan menyebutkan wujud, kegunaan, dan daerah asal produksi barang tersebut.

190 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang Perilaku manusia yang mempengaruhi alam., Pecahan biasa, desimal, dan campuran, Mengenali infomasi dari teks mengenai kosakata baku dan tidak baku, Kebutuhan hidup
2.      Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.      Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 menit

H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap : Spiritual, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan sekitar.
b.      Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis dan tes lisan
c.       Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Sikap
Petunjuk Penilaian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1        = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
a)      Penilaian Sikap Spiritual
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberisalamsebelumdansesudahmenyampaikanpendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor




b)      Sosial (Santun)
Nama Peserta didik      :
Kelas                             :
Tanggal pengamatan   :
Subtema                       : wujud benda dan cirinya
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang lebih tua




2
Mengucapkanterimakasihsetelahmenerimabantuan orang lain




3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat




4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman




5
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain




Jumlah Skor





c)      Berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai dengan sikap masing-masing siswa.

No.

Nama Siswa
Sikap
Rasa Ingin Tahu
Percaya Diri
Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar
Belum tampak (1)
Sedikit tampak
(2)
Tampak
(3)
Menonjol
(4)
Belum tampak (1)
Sedikit tampak
Belum tampak (1)
Sedikit tampak
Belum tampak (1)
Sedikit tampak
Belum tampak (1)
Sedikit tampak
1













2













3
















b.      Penilaian Pengetahuan
1.      Apa perubahan lingkungan yang disebabkan karena membuang sampah sembarangan? (lisan)
2.      Apa dampak penggunaan pestisida yang berlebihan? (lisan)
3.      Perhatikan gambar di bawah ini! Tuliskan komentarmu!(tulisan)

4.      Budaya apa yang ada di daerahmu, ceritakan di depan kelas! (lisan)
5.     

a.      Penilaian Keterampilan
1.      Unjuk kerja menulis berdasarkan pengamatan gambar.

AspekPenilaian
Baiksekali
baik
cukup
Perlubimbingan
4
3
2
1
Isi danpengetahuan

Hasil yang ditulissesuaidenganperistiwa yang tampakpadagambar yang diamati
Keseluruhanjawaban yang ditulissiswasesuaidengangambar yang diamati.
Keseluruhanjawaban yang ditulissiswasebagianbesarsesuaidengangambar yang diamati.
Sebagiankeciljawabansesuaidengangambar yang  diamati
Keseluruhanjawaban yang ditulissiswatidaksesuaidengangambar yang diamati.
Penggunaanbahasa Indonesia yang baikdanbenar

Bahasaindonesia yang baikdanbenardigunakandalampenulisanringkasan.
Bahasaindonesia yang baikdanbenardignakandenganefisiendanmenarikdalammkeseluruhanpenulisan.
Bahasaindonesia yang baikdanbenardigunakandenganefisiendalamkeseluruhanpenulisan.
Bahasaindonesia yang baikdanbenardigunakandengansangatefisiendalamsebagianbesarpenulisan.
Bahasaindonesia yang baikdanbenardigunakandengansangatefisiendalamsebagiankecilpenulisan.
Keterampilanmenulis

Tulisanhasilpengamatandibuatdenganbenar, sistematis, danjelas, yang menunjukkankemampuanpenulisan yang baik.
Keseluruhanhasilpenulisanhasilpengamatan yang sistematisdanbenarmenunjukkanketerampilanpenulisan yang sangatbaik.
Keseluruhanhasilpenulisanhasilpengamatan yang sistematisdanbenarmenunjukkanketerampilanpenulisan yang baik.
Sebagianbesarpenulisanhasilpengamatan yang sistematisdanbenarmenunjukkanketerampilanpenulisan yang terusberkembang.
Hanyasebagiankecilhasilpenulisanhasilpengamatan yang sistematisdanbenarmenunjukkanketerampilanpenulisan yang masihperluditingkatkan.



Text Box: 2xText Box: LAGU
DI SINI SENANG DI SANA SENANG
Di sini senang
Di sana senang
Di mana-mana hatiku senang
La..la...la..la..la..la..la..la..la...la..la..la..la..la

Posting Komentar

0 Komentar