RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/
Semester : V/1 (Satu)
Tema/ Subtema/
PB : Benda-benda di Lingkungan
Sekitar/Wujud Benda dan Cirinya/1
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (6
x 35 Menit)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Mata Pelajaran Matematika
3.2 memahami berbagai bentuk pecahan
(pecahan biasa, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal,
serta melakukan perkalian dan pembagian
3.2.1 Menyelesaikan soal
latihan pecahan biasa, campuran, desimal
4.1 mengurai sebuah pecahan sebagai
hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang
dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.1.1
Mengenal bentuk pecahan biasa
4.1.2
Mengenal bentuk pecahan campuran
4.1.3
Mengenal bentuk pecahan desimal
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
3.1 mengenali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai
makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh
kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan
pengaruh kegiatan manusia
4.1 mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan
dan rantai makanan, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.1.1 Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai
perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan
manusia
Mata Pelajaran IPS
3.1 memahami aktivitas dan perubahan
kehidupan manusia dalam ruang, konektifitas antara ruang dan waktu serta
keberlanjutanya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam
lingkup nasional
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahanya
dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup
nasional
4.1 menyajikan hasil pengamatan mengenai
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan waktu serta dan keberlanjutan dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan
dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber- sumber tersedia
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis dalam bentuk tabel hasil
identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia
C. Tujuan
Pembelajaran.
1.
Dengan kegiatan mengamati gambar
orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia
yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
2.
Dengan kegiatan eksplorasi
perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak
pada manusia dengan cermat.
3.
Dengan membaca teks tentang
perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh contoh perubahan wujud
benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
4.
Dengan membaca teks tentang
perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakatabaku dan tidak baku beserta
artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
5.
Dengan latihan penyelesaian soal
tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk
pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal
dengan cermat,
teliti, dan percaya diri.
D. Materi
Pembelajaran
1.
pecahan biasa, persen, dan desimal
2.
Kosakata baku dan tidak baku
3.
kehidupan manusia
E. Metode
Pembelajaran
1.
Metode :
diskusi, tanya jawab
2.
Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]
F. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Gambar orang membuang sampah disungai
2.
Alat :
3.
Sumber belajar :
Maryanto,
dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema I
“Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Maryanto,
dkk. 2014. Buku Guru Kelas V Tema I
“Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Internet
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu
siswa.
2.
Siswa menyanyikan lagu “Balonku Ada Lima”
bersama-sama.
3.
Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
4.
guru mengkondisikan siswa secara klasikal
dengan mendeskrepsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum
kompetensi- kompetensi yang akan dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak
selaras dengan lingkungan, yakni membuang sampah kesungai
2.
Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar secara cermat
3.
Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan pengamatan
gambar
4.
Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian
siswa
5.
Pada kegiatan : ayo membaca: siswa membaca bacaan aneh, kenapa bisa
begitu?
6.
Selesai membaca siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan
kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan
7.
Setelah membaca dan memahami kosakata- kosakata baku dan tidak baku,
siswa menuliskan informasi- informasi yang terdapat pada bacaan diatas
berkaitan dengan perubahan wujud benda
8.
Pada kegiatan : ayo, berdiskusi: siswa membentuk kelompok diskusi
untuk mengamati dan mengidentifikasi perubahan- perubahan alam yang terjadi
di lingkungan sekitar tempat tinggalnya
9.
Secara interaktif dan menarik guru menjelaskan konsep pecahan
melalui ilustrasi pembagian roti dan buah jeruk
10.
Fokus penjelasan pada bentuk pecahan biasa dan bentuk pecahan
campuran
11.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan
12.
Pada kegiatan, ayo berlatih: siswa mengerjakan soal latihan untuk
mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah
bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa
13.
Gunakan rubrik penyelesaian soal latihan pecahan untuk mengetahui
tingkatpengetahuan siswa
14.
secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep persen
15.
fokus penjelasan pada mengubah bentuk pecahan persen dan mengubah
bentuk pecahan persen menjadi pecahan biasa
16.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan
17.
Pada kegiatan ayo berlatih: siswa mengerjakan soal latihan untuk
mengubah bentuk pecahan biasa menjadi pecahan persen dan mengubah bentuk
pecahan persen menjadi pecahan biasa
18.
Gunakan rubrik penyelesaian soal latihan pecahan untuk mengetahui
tingkat pengetahuan siswa
19.
Secara interaktif dan menarik guru menjelaskan konsep bentuk pecahan
desimal
20.
fokus penjelasan pada mengubah bentuk pecahan desimal dan mengubah
bentuk pecahan desimal menjadi pecahan biasa
21.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan
22.
Pada kegiatan ayo berlatih: siswa mengerjakan soal latihan untuk
mengubah bentuk pecahan desimal menjadi pecahan biasa dan mengubah bentuk
pecahan biasa menjadi pecahan desimal
23.
Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk mengetahui
tingkat pencapaian siswa
24.
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari
berkaitan dengan perubahan alam dan perubahan wujud benda
25.
Dengan bantuan, siswa menyebut contoh-contoh perubahan wujud benda
yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari
|
190 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang
perubahan alam, perubahan wujud benda, pecahan biasa, campuran, desimal dan
persen.
2.
Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan
belajar hari ini.
3.
Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
10 Menit
|
H. Penilaian
A. Nilai Proses dan Hasil Belajar
Pedoman Observasi
Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
1.
Penilaian
sikap
a.
Spiritual
Nama
Peserta didik :
Kelas
:
Tanggal
pengamatan :
Subtema
: wujud benda dan
cirinya
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberisalamsebelumdansesudahmenyampaikanpendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
b.
Sosial
(Santun)
Nama
Peserta didik :
Kelas
:
Tanggal
pengamatan :
Subtema
: wujud benda dan
cirinya
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkanterimakasihsetelahmenerimabantuan orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
2.
Penilaian
pengetahuan
1)
Jelaskan
peristiwa yang terjadi pada gambar di samping!
a.
Apa
yang kamu lihat pada gambar tersebut?
b.
Apakah
penyebabnya?
c.
Bagaimana
cara mencegahnya?
2)
Perubahan-perubahan
alam apa sajakah yang terjadi di daerah sekitar tempat tinggalmu?
3)
Ubahlah
menjadi pecahan campuran!
4)
Ubahlah
menjadi pecahan desimal!
3.
Penilaian
keterampilan
a.
Penilaian
unjuk kerja
Amatilah gambar di bawah ini, kemudian ceritakan secara runtut, umgkapkan juga dampak yang bisa timbul dengan bahasa yang komunikatif!
Rubrik menulis
berdasarkan pengamatan gambar
Aspek Penilaian
|
Baik sekali
|
baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan
pengetahuan
Hasil yang
ditulis sesuai dengan peristiwa yang tampak pada gambar yang diamati
|
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan
gambar yang diamati.
|
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sebagian besar sesuai
dengan gambar yang diamati.
|
Sebagian kecil jawaban sesuai dengan gambar yang diamati
|
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa tidak sesuai
dengan gambar yang diamati.
|
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Bahasa indonesia yang baik dan benardigunakan dalam
penulisan ringkasan.
|
Bahasa indonesia yang baik dan benar dignakan dengan
efisien dan menarik dalamm keseluruhan penulisan.
|
Bahasa indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.
|
Bahasa indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.
|
0 Komentar