Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP KELAS V SD KURIKULUM 2013: Hidup Rukun

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan     :  SD Negeri 1 Ngrundul
Kelas    :  5
Tema / Topik    :  Hidup Rukun
Minggu ke    :  1
Semester    :  1   (satu)
Alokasi Waktu    :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
    Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    KOMPETENSI DASAR
PPKn
    Melaksanakan hak dan kewajiban (bidangsosial, ekonomi, budaya, hukum)sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari sesuai UUD 1945
    Mengetahui keaneka ragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika melalui pengamatan
    Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan ibadah dan kegiatan sekolah

Matematika
    Mengelola/mengatur waktu untuk tempat tertentu dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas, jarak, dan kecepatan sehingga dapat tiba di tujuan tepa twaktu

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
    Berperilaku sportifitas dalam bermain
Bahasa Indonesia
    MenerimaBahasa Indonesia sebagaianugrahTuhan yang dapatdigunakanuntukmempersatukanbangsa
    Menyapa orang lain danmenyampaikanucapanselamat, terimakasih, ataupermohonanmaafsesuaidengankonteksnya
    Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
    Menulis suratresmi (mengundang sekolah lain untuk kegiatan tertentu)
    Menyusun  dialog antara dua orang  tokoh

C.    INDIKATOR
PPKn
•    Membiasakan berperilaku sopan menyapadanmenghormati orang lain di sekolah
•    Menyebutkan keuntungan dari hidup damai
•    Menyebutkan akibat jika tidak menghormatian tarsesama
•    Menyebutkan hakdan kewajiban warga negara di jalanraya
•    Menyebutkan macam-macam tata tertib lalulintas.
•    Membiasakan berperilaku sopan di jalanraya
•    Membuat laporan berdasarkan pengamatan melalui karya tulis.
•    Menjelaskanarti Bhinneka Tunggal Ika
•    Menyebutkan macam-macam suku bangsa di indonesia, dengan beragam budayanya .
•    Menjelaskan manfaat dari adanya berbagai jenis suku bangsa. Dengan budayanya yang berbeda
•    Menjelaskan keuntungan dari keragaman budaya di Indonesia untuk mempersatukan bangsa
•    Menyebutkan kegiatan ibadah yang dapat dilakukan di sekolah dan di rumah.
•    Peduli pada orang lain yang hendak
•    Melakukan kegiatan ibadah, di sekolah dan di rumah
•    Menghargai orang lain yang sedang melakukan kegiatan ibadah, di sekolahdan di rumah

Bahasa Indonesia

•    Siswa mengamati kegiatan yang terdapat pada gambar.
•    Siswa mencermati gambar dan tulisan yang terdapat pada kardus dalam gambar.
•    Siswa mencatat semua informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar.

•    Siswa memperhatikan telepon genggam yang ditunjukkan guru dan gambar telepon genggam pada buku siswa. (Guru dapat membawa beberapa contoh gambar telepon genggam).
•    Siswa mengamati telepon genggam atau gambar telepon genggam.
•    Siswa menyebutkan hal-hal yang diketahui tentang telepon genggam.
•    Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan hasil pengamatan mereka pada tabel.
•    iswa membuat pertanyaan menggunakan kalimat tanya yang tepat.
•    Siswa menulis pertanyaannnya dalam kolom yang tersedia di buku siswa.

Matematika
•    Mencatatjarak, waktu tempuh, serta kecepatan ketika melakukan perjalanan dengan anggota keluarga atau teman-teman di kelas
•    Menghitung jarak sebenarnya, waktu tempuh, dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari
•    Menghitung/memperkirakan waktu tempuh perjalanan dari rumahke sekolah dan sebaliknya atau tempat-tempat tertentu
•    Memecahkanmasalah yang berkaitandenganjarak, waktu, danketepatansehinggatidakmelangaraturanlalulintas




Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
•    Menerapkan aturan dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik: lompat, dan  lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau tradisional.
•    Menerapkan aturan dalam mempraktikkan kombinasi polagerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional
•    Menerapkan aturan dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar beladiri yang dimodifikasi dalam permainan sederhana dan atau permainan tradisional
•    Menerapkan aturan dalam mempraktikkan satu gaya renang yang berbeda dalam jarak

D.    TUJUAN
    Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.    MATERI
PPKn
    hak dan kewajiban
    keaneka ragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika melalui pengamatan
    perilaku beriman dan bertaqwa dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan ibadah dan kegiatan sekolah

Bahasa Indonesia
    Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrahTuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
    Memahami bahasa iklan
    Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup
    Menyusun  dialog  atau percakapan

Matematika
    Mengelola/mengatur waktu

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
    Sportifitas dalam bermain





F.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi        : Cooperative Learning
Teknik        : Example Non Example
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah



G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan    Deskripsi Kegiatan    Alokasi
Waktu
Pendahuluan        Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
    Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
    Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
    Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
    Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .    10 menit
Inti    Mingguke 1
    Berperilaku sopan ketika menyapa dan menghormati orang lain baik  disekolahmaupun di rumah tanpa membedakan tingkat sosial.
    Berdiskusi tentang masalah pentingnya hidup damai dengan memperhatikan aturan diskusi (tidakmenyela, menunggugiliran, menggunakan kata yang santun), sehingga mengetahui keuntungan yang dapat diperoleh dari kehidupan yang damai.
    Menjelaskan konsep serta hubungan antara jarak, waktu tempuh, serta kecepatan
    Menerapkan aturan dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasaratletik: lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atautradisional.
    Menerapkanaturandalam mempraktikkan satugaya renang yang berbeda dalam jarak
    Menyebutkankalimat-kalimatsapaan
    Mengamati iklan sebuah produk
    Membacaceritatentangbinatang
    Menjawabpertanyaanberdasarkantekscerita
    Tanya jawabdandiskusitentangcaramemeliharabinatang
    Menceritakanpengalamantentangmemeliharabinatang    150 menit
    Penilaian proses:
    Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
    Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
    Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.   
        Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
•    Gambar kegiatan menyapu kelas
•    Gambar kegiatan membersihkan debu
•    Gambar kegiatan menata buku
•    Membersihkan jendela kelas

Kelompok gambar kebersihan rumah
•    Gambar kegiatan menyapu rumah
•    Gambar kegiatan mengepel lantai
•    Gambar kegiatan menata tempat tidur
•    Gambar kegiatan  membersihkan/menyapu kebun

Kelompok  gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
•    Gambar kegiatan membersihkan selokan
•    Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
•    Gambar kegiatan membuang sampah
•    Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.
   
        Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
    Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
    Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya   
        Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ” Oh Ibu dan Ayah”  untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
•    Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
•    Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
•    Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
•    Menggunakan format pengamatan   
        Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.  Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb   
        Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)   
    Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)   
        Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat   
        Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang   
        Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat   
Penutup        Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari    15 menit
        Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
    Melakukan penilaian hasil belajar   
        Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)   
    •    Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
•    Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan   

H.    SUMBER DAN  MEDIA
    Bukupaket
    Pengamatansiswa
    Pengamatanlingkungan
    Bukupaket
    Internet
    Alatukur
    Buku ajar
    Peraga macam aktivitasfisik
    Teks lagu satunusa satu bangsa, teks sumpah pemuda, peta Indonesia, buku teks
    Contoh iklan
    Teks cerita, gambar-gambar binatang

I.    PENILAIAN
1.     Prosedur Penilaian
a.     Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses
•    Penilaian Kinerja
•    Penilaian Produk






b.    Penilaian Hasil Belajar
•    Pilihan ganda
•    Isian singkat
•    Esai atau uraian



Mengetahui
Kepala Sekolah,



Iskandar,A.Ma.Pd
NIP .19580707198012006        Ngrundul,
Guru Kelas V



Dominika Sri Haryani,A.Ma.Pd
NIP . 195703081978022002

Posting Komentar

0 Komentar