Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP KELAS V KURIKULUM 2013 Tema: Sejarah Peradaban Indonesia Sub Tema: Kerajaan Islam di Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                  : SDN 2 TAWANGREJO
Kelas/Semester               : V / 1
Tema                  : Sejarah Peradaban  Indonesia
Sub Tema            :  Kerajaan Islam di Indonesia
Pembelajaran            : 4
Alokasi Waktu                 : 1 x pertemuan ( 6 x 35 Menit )

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku  jujur, displin, tanggung  jawab, santun , peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatanny a dan  benda – benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan  pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman, dan berakhlak mulia.











B.    KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
    PPKn
    Kompetensi Dasar :
    3.5 Memahami Nilai – nilai Persatuan pada masa Islam
        3.5.2 Menunjukkan peninggalan- peninggalan masa Islam ( masjid,            
                    Pesantren, tradisi, keagamaan) yang mengandung nilai- nilai
                     Persatuan
    4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan   
            Masyarakat
        4.5.1 Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol
                      Persatuan

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
    3.5.4 Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari
               teks cerita sejarah perkembangan kerajaaan Islam di Indonesia
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.4 Menuliskan kembali teks cerita sejarah tentang nilai- nilai perkembangan  kerajaan Islam di Indonesia dengan bahasa sendiri
  IPS
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
    3.2.1 Menunjukkan perubahan kehidupan manusiadan masyarakat Indonesia dan dampak  keberlajutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
             4.2 Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi  dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media
    4.2.1 Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan
               manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlajutannya di 
             bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
   
Matematika
Kompetensi  Dasar
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
    3.3.2 Memahami prosedur mengukur sudut
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
    4.9.2 Mengukur besar  sudut dengan satuan derajat
     
C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan melakukan latihan pengukuran sudut, siswa mampu mengukur besar sudut dengan satuan derajat dengan cermat
2.    Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan  Islam Indonesia dengan percaya diri
3.    Dengan melakukan kegiatan rekam jejak, siswa mampu menunjukkan peninggalan- peninggalan tradisi yang mengandung nilai-nilai persatuan dengan cermat
4.    Dengan bermain peran, siswa mampu memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan dengan percaya diri
5.    Dengan berdiskusi dalam kelompok, siswa mampu menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dengan mandiri
6.    Dengan menyajikan hasil diskusi kelompok,  siswa mampu bercerita secara lisan tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dengan percaya diri
 
D.    Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1.    PPKn       : Peninggalan masa Islam
2.    Bahasa Indonesia : Kosakata
3.    IPS   : Perubahan  kehidupan manusia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya pada masa penjajahan
4.    Matematika : Besar Sudut derajat
    
   

E.    Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.    Pendekatan    : Saintifik 
2.    Metode    :  Diskusi

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media    :   Gambar - gambar
Alat/Bahan    :  Busur derajat

Sumber Belajar    : 
 Buku Guru SD kelas 5 Tema 7: Sejarah Peradaban  Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014



G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan    Deskripsi Kegiatan    Alokasi Waktu
Pendahuluan    1.Guru membuka pelajaran dengan menyapa peserta didik
    dengan menyapa peserta didik dan menanyakan kabar 
    mereka
2.Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin 
    doa
3.    3.Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari
      10 menit
Kegiatan Inti    1.Siswa mengamati gambar masjid  [ Mengamati ]
2. Siswa melingkari salah satu sudut yang mereka temukan
     Dalam gambar sketsa dan menggunakan busur derajat
     Untuk mengukur besarnya sudut tersebut [ Mencoba ]
3.Siswa mencoba mengukur besarnya sudut dari sudut yang
    mereka lingkari sebelumnya [ Mencoba ]
4.Siswa diberi kesempatan untuk menukarkan pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling memeriksa apakah cara pengukuran dan hasil pengukuran mereka sudah tepat [ Mengkomunikasikan ]
5.Siswa membaca seksama petunjuk mengukur sudut menggunakan busur derajat [ Mencoba ]
6.Siswa kemudian mengamati gambar sudut dan busur derajat yang dihimpitkan pada gambar sudut tersebut [Mengamati ]
7.Siswa mengidentifikasi besarnya sudut berdasarkan gambar  [ Mengamati ]
8.Guru membantu mengembangkan keterampilan siswa dalam menggunakan busur derajat dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan busur derajat mereka sendiri dalam mengukur besarnya sudut pada gambar [Mencoba ]
9.Siswa mencoba secara mandiri dalam mengukur sudut [ Mencoba]
10.Siswa menukarkan hasil kerjanya dengan hasil kerja temannya dan saling memeriksa ketepatan pengukuran sudut yang telah dilakukan [Mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan ]
11.Siswa membaca teks “ Nilai Persatuan dan Kesatuan dari Kerajaan makassar “ [ Mencoba ]
12.Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata yang sulit dipahami [ mengamati, menanya,mencoba, mengkomunikasikan ]
13.Guru melakukan penilaian
14.Siswa bersama dengan kelompoknya mencermati bacaan singkat lini perubahan [ Mengamati]
15.Siswa mencari informasi tentang perubahan – perubahan yang terjadi di beberapa bidang dengan tekun [Mencoba, menanya ]
16.Dengan bimbingan guru, siswa memilah dan menggali informasi yang diperoleh tentang penyebab dan akibat yang timbul dari perubahan dengan berdiskusi. [Mencoba,menanya]
17.Siswa bersama Guru membahas hasil diskusi [ Mengamati,menanya,mengkomunikasikan ]



      190 Menit


Kegiatan Penutup    1.Siswa bersama guru membuat  kesimpulan  tentang  peninggalan masa Islam, kosakata, lini perubahan masyarakat dan sudut derajat
2.Siswa bersama dengan guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.    10 Menit



Posting Komentar

0 Komentar