RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SDN 3 PUNDUNGSARI
Kelas/Semester : V / 1
Tema : Sejarah Peradaban Indonesia (7)
Sub Tema : Kerajaan Islam di Indonesia (1)
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan ( 6 x 35 Menit )
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, displin, tanggung jawab, santun , peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatanny a dan benda – benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman, dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.3 Mengenali perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks
cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di
Indonesia
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.3 Menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan
Islam tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
Matematika
Kompetensi Dasar
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
3.3.2 Memahami prosedur mengukur sudut
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
4.9.2 Mengukur besar sudut dengan satuan derajat
PPKn
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami Nilai – nilai Persatuan pada masa Islam
3.5.1 Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan – kerajaan Islam di
Indonesia
4.5 Mensimulasikan nilai- nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
4.5.1 Memerankan tokoh pada simbol persatuan
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menggunakan model sudut, siswa mampu membandingkan besar sudut dengan teliti
2. Dengan mencari informasi tentang Raden Saleh, siswa mampu mengidentifikasikan sifat dan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai persatuan kerajaan Islam di Indonesia
3. Dengan memerankan tokoh Raden Saleh, siswa mampu memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan dengan percaya diri
4. Dengan menceritakan peninggalan masa Islam di daerahnya, siswa mampu mengenali perkembangan Islam dengan percaya diri
5. Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia dengan mandiri
D. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1. Bahasa Indonesia : Kosakata
2. Matematika : Besar Sudut derajat
3. PPKn :Tokoh pada masa Islam
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Diskusi
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media : Gambar - gambar
Alat/Bahan : Busur derajat
Sumber Belajar :
Buku Guru SD kelas 5 Tema 7: Sejarah Peradaban Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan 1.Guru membuka pelajaran dengan menyapa peserta didik
dengan menyapa peserta didik dan menanyakan kabar
mereka
2.Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin
doa
3. 3.Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari
10 menit
Kegiatan Inti 1.Siswa mengamati gambar yang sudah disajikan pada buku siswa. [ Mengamati ]
2. Siswa mengidentifikasi titik sudut dan namanya [ mengamati ]
3.Siswa menjiplak gambar sudut dengan menggunakan kertas putih dan menggunting pola gambar sudut tersebut untuk dipakai sebagai perbandingan terhadap gambar-gambar sudut pada latihan berikutnya [ Mencoba]
4.Siswa menganalisa instruksi yang diberikan yaitu mengamati sudut-sudut yang ada pada siswa [ Mengamati ]
5.Siswa membaca dan menggali informasi dari bacaan Raden Patah [ Mengamati]
6.Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel tentang Raden Patah [ Mencoba]
7.Siswa bersama dengan kelompoknya bermain peran untuk memerankan tokoh Raden Patah [Mecoba]
8.Siswa mengolah informasi yang mereka dapatkan menjadi naskah drama untuk bermain peran [Menalar]
9.Siswa menganalisa dan berdiskusi dengan orangtua tentang ketaatan beribadah keluarga dalam menjalankan ibadah sehari hari
190 Menit
Kegiatan Penutup 1.Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang kegiatan hari itu
2.Siswa bersama dengan guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 Menit
H. PENILAIAN
1. Teknik penilaian
a. Penilaian Sikap : Cermat, Percaya diri, Mandiri
b. Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
Berilah tanda centang ( v) pada kolom yang sesuai dengan sikap masing – masing siswa
No Nama
Siswa Sikap
Cermat Percaya diri Mandiri
Belum Tampak Tampak Menonjol Belum Tampak Tampak Menonjol Belum tampak Tampak Menonjol
b. Penilaian Pengetahuan
1. Bandingkan ukuran sudut dibawah ini !
2. Amatilah kehidupan sehari-hari keluargamu. Bagaimanakah ketaatan anggota
keluargamu dalam menjalankan ibadah?
Buatlah cerita tertulis pada buku tulismu dan mintalah pendapat kepada orang
tuamu
c. Rubrik Keterampilan
Rubrik Membandingkan Sudut dan Membuat Model Pola Sudut
Kompetensi yang dinilai:
- Pengetahuan siswa tentang ukuran sudut
- Keterampilan siswa dalam menggunakan model sudut untuk membandingkan
besar kecilnya sudut
- Sikap ketelitian siswa dalam membandingkan sudut
Kriteria Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
Kriteria
4 3 2 1
Pengetahuan Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
sangat tepat Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
cukup tepat Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
kurang tepat Pengetahuan
siswa tentang
ukuran
sudut masih
membutuhkan
bantuan dari
guru
Keterampilan
menggunakan
model sudut Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
model sudut
dengan baik dan
cermat untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
model sudut
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
masih kurang
cermat Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
model sudut
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
tidak cermat Siswa kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
model
sudut untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut dan masih
kurang mandiri
0 Komentar